Pro Kepri

Kanwil Kemenkumham Deteksi Dini Gangguan Keamanan di Lapas dan Rutan

Jajaran Kanwil Kemenkumham Kepri melakukan monitoring di Lapas dan Rutan di Tanjungpinang. f. Humas Kanwil Kemenkumham Kepri.

batampos- Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kepri menggelar Bimbingan, Monitoring, Pengawasan dan Pengendalian (Bimtorwasdal) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Tanjungpinang. Kegiatan Rutin Pimpinan Tinggi Pratama tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi keamanan dan ketertiban Lapas maupun Rutan.

BACA JUGA: Antisipasi Gangguan Keamanan Rutan dan Lapas, Satgas Kamtib Gelar Razia Insidentil

Plt. Kepala Kanwil Ramelan Suprihadi mengatakan, hari-hari besar seperti Natal dan Tahun Baru merupakan momen yang cukup riskan bagi keamanan di Lapas dan Rutan. Menurutnya potensi gangguan keamanan dan ketertiban, akan lebih mudah muncul. “Kepala Lapas atau Rutan, harus melakukan deteksi dini cegah gangguan keamanan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Ramelan, Satuan Kerja pemasyarakatan dan jajarannya di Kepri, selalu bersinergi dengan aparat keamanan baik kepolisian maupun TNI terutama dalam hal kegiatan razia rutin. “Meminimalisir serta mendeteksi dini upaya-upaya warga binaan yang ingin melakukan hal-hal negatif,” katanya.

Ramelan meminta Kepala Lapas dan Rutan, dapat mengarahkan jajarannya untuk tidak melakukan perbuatan yang tidak terpuji kepada warga binaan. Hal ini dapat berpotensi menyebabkan timbulnya niat warga binaan untuk melakukan pemberontakan. “Pungutan liar, melakukan kekerasan baik secara fisik dan mental kepada warga binaan adalah sebagian dari perbuatan negatif yang dapat merusak citra Lapas serta Rutan,” tegasnya. (*)

Reporter: Yusnadi