Metropolis

Pemko Dukung Pengembangan Bisnis Kuliner, Ingatkan Pengusaha Terapkan Protkes

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mendorong pelaku usaha menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di tempat usahanya. Foto: Humas Pemko untuk Batam Pos

batampos – Pemko Batam mendukung penuh pengembangan bisnis kuliner demi menggeliatkan kembali sektor pariwisata di Kota Batam.

Namun, pemerintah juga mewanti-wanti kepada para pengusaha kuliner agar tetap menerapkan protokol kesehatan (protkes) di tempat usahanya demi menekan penyebaran wabah Covid-19.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, dengan makin banyaknya usaha kuliner di Batam, maka pilihan bagi para wisatawan juga makin beragam.

“Pemko Batam sangat mendukung munculnya restoran dan kuliner-kuliner baru di Batam, makin banyak makin bagus,” tutur Amsakar di acara peresmian restoran Marinara’s Pizza di KDA Junction, Batam Center, Jumat (17/12/2021).

Dengan banyaknya usaha kuliner ini, Amsakar meyakini bakal menjadi daya tarik kota ini. Terlebih, Batam juga tengah berupaya menarik banyak investasi asing agar pertumbuhan ekonomi kawasan makin melejit.

Salah satunya, kata dia, rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Kecamatan Sekupang, yang diprediksi bakal meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan maupun orang asing ke Batam.

“Pak Wali Kota Batam (Muhammad Rudi, red) baru kembali dari Dubai untuk menarik investor untuk mengembangkan KEK Kesehatan di Sekupang. Nah, variasi usaha kuliner semacam ini tentu bakal memperkaya pilihan bagi wisatawan maupun orang asing yang ada di Batam,” ujar mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam tersebut.

Namun, hal lain yang ditekankan Wakil Wali Kota adalah upaya menekan penyebaran Covid-19. Karena, jika kasus ditekan dan jumlah kasus terus menurun, maka pergerakan ekonomi makin bagus sehingga beragam usaha dan bisnis di Kota Batam bakal makin sukses.

Karena itu, Amskar berpesan kepada para pelaku usaha agar terus menerapkan protkes minimal 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak di tempat usahanya.

“Selain keharusan memakai masker bagi karyawan maupun pengunjung, sediakan juga tempat mencuci tangan atau hand sanitizer, upayakan tempat duduk juga dibuat berjarak,” pesan Amsakar.

Wakil Wali Kota optimistis, dengan upaya semua pihak bergerak melawan Covid-19 ini, maka Batam akan kembali menjadi zona hijau atau nol kasus, seperti yang terjadi akhir pekan lalu.

“Tiga hari Batam bebas kasus Covid-19. Tapi beberapa hari ini ada penambahan dua kasus lagi. Maka itu, protkes jangan sampai kendur,” pesannya.

Di tempat yang sama, Anggota DPR dari Dapil Kepri, Asman Abnur, mengapresiasi langkah Pemko Batam yang terus mengingatkan dan menegur para pengusaha agar tetap menerapkan protkes di tempat usahanya.

Menurut Asman yang juga pengusaha kuliner di Batam tersebut, hal itu lebih bagus ketimbang menggelar razia atau penyitaan properti pengusaha, yang ujungnya membuat usaha itu tutup.

“Kalau Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Batam itu mendatangi tempat usaha lalu mengingatkan pengusaha atau memberi teguran soal protkes, sehingga usaha kami juga tetap bisa jalan,” katanya.

Reporter: Ratna Irtatik