Pro Kepri

Bintan Resorts Sukses Gelar KasmaRun di Tengah Pandemi, Diikuti 200 Peserta

Kadispar Kepri, Buralimar dan GGM PT. BRC, Abdul Wahab melepas peserta KasmaRun di di pelataran Plaza Lagoi Bay, kawasan wisata Bintan Resorts Lagoi, Sabtu (18/12) sekira pukul 16.00 WIB. F.Slamet Nofasusanto

batampos – Ratusan peserta berpartisipasi dalam ajang olahraga lari dan kreasi KasmaRun yang digelar PT. Bintan Resorts Cakrawala (BRC), Sabtu (18/12). Peserta dilepas oleh Kadispar Kepri, Buralimar, GGM PT. Bintan Resorts Cakrawala (BRC), Abdul Wahab dan Plt Sekretaris Disbudpar Bintan, Aryati di pelataran Plaza Lagoi Bay, kawasan wisata Bintan Resorts Lagoi, sekira pukul 16.00 WIB.

BACA JUGA: Tropical Ride Bintan Resort Jadi Event Perdana 2021

Group General Manager (GGM) PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab mengatakan, KasmaRun merupakan event tahunan yang digelar di akhir tahun di kawasan wisata Bintan Resorts Lagoi.

“Ajang olahraga yang sifatnya rekreasi ini biasanya digelar menyambut tahun baru, hanya tahun ini dilaksanakan lebih awal karena ada rencana penerapan PPKM level 3,” jelas Wahab. Wahab mengatakan, ajang olahraga lari dan kreasi KasmaRun ini diselenggarakan dengan menyesuaikan situasi covid-19.

“Setelah koordinasi dengan Satgas Covid-19 Bintan, peserta dibatasi hanya 200 orang,” sebut Wahab. Selain itu, peserta juga wajib melakukan uji covid-19 sebelum masuk ke lokasi acara di hari yang sama di terminal Simpang Lagoi.

Di lokasi acara juga dikerahkan tim khusus yang bertugas untuk memastikan peserta benar-benar menjalankan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu badan, membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan melakukan kode pemindai kontak untuk tujuan penelusuran kontak  erat. Sebelum meninggalkan garis start, peserta juga dibagi dalam kelompok yang lebih kecil terdiri dari 25 hingga 30 orang.

“Kita juga pastikan peserta menjaga jarak untuk menghindari kerumunan dan pelepasan kelompok peserta dengan interval 5 hingga 8 menit,” jelasnya. Wahab mengatakan, dari event ini, Bintan Resorts ingin memastikan bahwa kawasan wisata Bintan Resorts tetap eksis meski di tengah pandemi covid-19.

Sementara Kadispar Kepri, Buralimar mengatakan, ini merupakan event kedua setelah event Tropical Bike Bintan Resort yang digelar di tahun 2021 pascameredanya kasus covid-19 di Kepulauan Riau.

“Event KasmaRun yang digelar Bintan Resorts Caktawala ini sudah sesuai standar protokol kesehatan yang ketat,” katanya. Buralimar berharap, tahun depan wisatawan mancanegara sudah bisa berpartisipasi dalam berbagai event olahraga yang akan digelar.

Sementara Ketua panitia penyelenggara KasmaRun yang juga Manager Business Operations PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC), Lidia Endang Sumartini mengatakan, ajang olahraga lari dan kreasi KasmaRun sudah memasuki tahun ke-7 sejak diluncurkan tahun 2014 di Lagoi.

Lidia juga memastikan event KasmaRun yang digelar tahun kedua di tengah pandemi covid-19 ini menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat.

Dikatakan Lidia, meski selama pandemi terjadi pembatasan mobilitas, namun tidak menyurutkan semangat untuk melakukan aktivitas olahraga sembari kreasi lewat ajang KasmaRun 2021. “Jadi lewat KasmaRun, Bintan Resorts mendorong masyarakat untuk menjalankan gaya hidup sehat dan meningkatkan imunitas sehingga terhindar dari penyakit,” kata Lidia. (*)

Reporter: Slamet