Pro Kepri

Program Pelayanan Terintegrasi, Usai Ijab Kabul, Arry Ashadi dan Retno Handayani Langsung Dapat Buku Nikah Sekaligus KTP dan KK Baru

Kadisdukcapil Bintan menyerahkan buku nikah sekaligus KTP dan KK baru ke pasangan pengantin, Arry Ashadi dan Retno Handayani setelah ijab kabul di Gedung Nasional, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Sabtu (18/12). F.Slamet Nofasusanto

batampos– Pasangan Arry Ashadi dan Retno Handayani tidak hanya memperoleh buku nikah setelah ijab kabul di Gedung Nasional, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Sabtu (18/12).

Lewat program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan, mereka juga memperoleh kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) baru. Arry Ashadi merasa senang dengan adanya program dari Disdukcapil Bintan yang bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Bintan.

BACA JUGA: Pelayanan Administrasi Kependudukan Dipusatkan di Bintan Buyu

“Program ini membantu dan memudahkan kami karena setelah ijab kabul status perkawinan di KTP langsung berubah, KK pun sudah dilakukan pemecahan,” kata Arry Ashadi berharap, program ini terus dilanjutkan.

Kadisdukcapil Bintan, Ismail mengatakan, Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan meminta setiap dinas melakukan inovasi dalam kemudahan dan percepatan pelayanan bagi masyarakat di Bintan.

Akhirnya, Disdukcapil Bintan bekerjasama dengan Kemenag Bintan mencetuskan program pelayanan terintegrasi penerbitan dokumen kependudukan berupa KK dan KTP yang disejalankan pencatatan perkawinan. “Ini merupakan program pelayanan yang membuat bahagia karena pasangan pengantin setelah ijab kabul langsung memperoleh buku nikah, KTP dan KK baru,” kata Ismail.

Ismail menjelaskan, jika selama ini pasangan pengantin setelah ijab kabul harus mengurus sendiri perubahan status perkawinan di KTP dan pemecahan KK mulai dari tingkat RT/RW, kelurahan, kecamatan lalu ke dinas.

Setelah adanya program ini, Ismail mengatakan, pasangan pengantin yang baru ijab kabul bisa memperoleh dokumen kependudukan yakni perubahan status perkawinan KTP dan pemecahan KK

Kepala Kantor KUA Teluk Sebong, Fadhil Muhammad mengatakan, prosedurnya sangat mudah. Masyarakat yang akan melangsungkan perkawinan hanya menyerahkan berkas kependudukan ke KUA. Setelah screening perkawinan di KUA, Fadhil mengatakan, dokumen kependudukan akan diserahkan ke Kantor Kemenag Bintan.

“Dari kantor Kemenag yang menyerahkan dokumen kependudukan ke Disdukcapil, minimal 3 atau 4 hari kita serahkan ke Disdukcapil. Jadi dokumen buku nikah, KTP, dan KK akan diserahkan ke pengantin setelah ijab kabul,” kata Ismail.

Kasubag Tata Usaha Kantor Kemenag Bintan, H. Syahjohan mengatakan, program ini merupakan kerja sama Disdukcapil Bintan dan Kemenag Bintan yanh ditandatangani 28 Oktober 2021 yang bertepatan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

“Sudah menjadi visi misi Kemenag untuk memberikan pelayanan terbaik dan memudahkan ke masyarakat,” kata dia mengucapkan terima kasih ke Disdukcapil Bintan atas kerja sama ini. Dikatakannya, kali ini ada dua pasangan pengantin yang memperoleh surat nikah sekaligus KTP dan KK baru.

“Nanti Rabu, 22 Desember kita akan menyerahkan surat nikah sekaligus KTP dan KK baru di Kecamatan Gunung Kijang,” jelasnya. Dia berharap, mudah-mudahan program ini berjalan lancar dan baik ke depan. (*)

Reporter: Slamet