Metropolis

Delapan Tokoh Terima Penghargaan Batam Madani

Sejumlah tokoh yang berkontribusi kepada pembangunan Batam mendapat penghargaan dari Pemko Batam dalam acara HUT Kota Batam, Sabtu (18/12).

batampos – Pemerintah Kota Batam menganugerahi delapan tokoh Batam Madani, yang selama ini dinilai turut berperan dalam membangun Batam. Penghargaan ini diserahkan langsung Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Sabtu (18/12).

Rudi mengatakan kemajuan Batam saat ini tidak lepas dari dukungan semua pihak. Batam yang merupakan miniatur Indonesia, berhasil mengatasi berbagai persoalan. Peningkatan infrastruktur, merakit persatuan antar suku, agama, dan budaya bisa berjalan karena dukungan semua pihak.

“Harapan kami, melalui pemberian Anugerah Batam Madani ini, akan menjadi pemacu, pemicu, dan sumber motivasi bagi kita semua untuk terus berinovasi dan berkarya dalam pembangunan Kota Batam yang kita cintai ini,” ujar Rudi.

Lanjut Rudi, penghargaan ini dapat memberikan motivasi untuk menjadi tauladan bagi masyarakat dalam berperan aktif mewujudkan kemajuan pembangunan Batam kedepannya.

“Penerima Anugerah Batam Madani Tahun 2021 merupakan para tokoh yang dinilai telah memberikan kontribusi bagi pembangunan Batam,” katanya.

Selain penghargaan kepada tokoh berbagai bidang juga diberikan penghargaan bagi tokoh kecamatan. Pada tahun ini secara khusus juga diberikan penghargaan kepada para donatur yang telah memberikan dukungan dalam mengatasi dan mengelola dampak Covid-19 di Kota Batam.

“Di balik musibah Covid-19 yang melanda Kota Batam, kita patut berbangga karena seluruh komponen masyarakat bersama-sama pemerintah bahu-membahu bekerja bersama dalam mengatasi wabah ini,” kata Rudi.

Penghargaan ini merupakan sampena perayaan Hari Jadi Batam. Sejak beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kota Batam telah melembagakan tradisi untuk memberikan penghargaan kepada orang-orang maupun badan yang dinilai telah berkontribusi nyata dalam membangun Batam.

“Anugerah Batam Madani ini telah disematkan kepada sejumlah tokoh-tokoh besar yang tidak dapat dipisahkan dari pembangunan Batam seperti Bapak Bj. Habibie, Ibnu Soetowo, Usman Draman dan beberapa tokoh lainnya,” ujarnya.

Penghargaan ini, jelas Rudi, merupakan wujud ungkapan terima kasih dan kebanggaan Pemerintah Kota Batam terhadap tokoh dan atau badan usaha yang telah berperan aktif dan memberikan kontribusi bagi kegemilangan Batam sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Orang-orang yang telah bertanam budi bagi Batam ini tentu akan tetap menjadi sebutan dan kenangan dalam ingatan kita masyarakat Batam,” katanya.

Rudi juga menyampaikan beberapa capaian yang diraih Batam di masa kepemimpinan dirinya bersama Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

“Kita patut berbangga dengan upaya dan kerja kita bersama, dalam kurun waktu kepemimpinan RAMAH hingga 2021 ini, Pemerintah Kota Batam telah menerima banyak penghargaan dari berbagai lembaga publik,” kata Rudi.

Beberapa yang diraih di antarannya The Most Popular Leader in Social Media 2021 se-Indonesia, Seven Media Asia sebagai Figur Pembawa Perubahan, Pemko Batam juga berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak sembilan kali berturut-turut terhadap laporan keuangan yang telah di audit oleh badan pemeriksa keuangan (BPK).

“Berbagai pencapaian penghargaan ini tentu saja merupakan buah kerja keras dan keberhasilan seluruh elemen Kota Batam,” kata dia.

Rudi menyampaikan ucapkan terima kasih kepada segenap warga Kota Batam. Tanpa peran aktif warga, kata dia, tidak mungkin Kota Batam menjadi seperti sekarang.

“Dalam momentum Hari Jadi Batam ke-192 ini, saya juga mengajak kepada seluruh warga untuk menghormati jasa-jasa para pendiri Kota Batam, para pejuang kemerdekaan, dan para pemimpin terdahulu yang telah meletakkan pondasi pembangunan dan mengantarkan kita pada Batam seperti sekarang ini,” pungkas Rudi.

Adapun delapan tokoh penerima Anugerah Batam Madani 2021 yakni Elviana R Anie sebagai tokoh perempuan yang aktif membina perempuan Batam mewujudkan kesejahteraan keluarga.

Kemudian, Muslim Bidin sebagai tokoh pendidikan yang aktif berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan di Kota Batam. Selanjutnya, Syamsuddin Ja’far sebagai tokoh bidang budaya yang aktif melestarikan adat istiadat berpantun sebagai warisan budaya Melayu.

Selain itu, Samson Ramba Pasir, sebagai tokoh bidang budaya yang aktif dalam mewujudkan kesenian dan budaya Melayu melalui sastra. Kemudian, Raja Erwan sebagai tokoh bidang adat istiadat yang aktif dalam melestarikan adat istiadat Melayu di era modernisasi.

Penerima penghargaan lainnya, Tengku Zulkifli AKA sebagai tokoh bidang keagamaan yang aktif berkontribusi untuk meningkatkan mutu pendidikan keagamaan di Kota Batam. Seterusnya, Rafki RS (Apindo Batam) yang mendapat penghargaan di bidang sosial karena aktif memberikan bantuan sosial terutama dalam penanganan pandemi Covid-19.

Tokoh lainnya, juga di bidang sosial yakni Rudi Tan (Yayasan Buddha Tzu Chi) karena aktif menggelar kegiatan dan bantuan sosial kepada masyarakat di Batam. (*)

Reporter : YULITAVIA