Pro Kepri

Harga Sembako masih Stabil

Pedagang ayam di Pasar Baru I Tanjungpinang, Supardi saat melayani pembeli, Senin  (20/12). F Peri Irawan

batampos– Kurang dari sepekan perayaan natal, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Baru I Tanjungpinang masih terpantau stabil. Belum terjadi kenaikan harga yang cukup signifikan, seperti daging ayam hanya naik Rp 1.000 per Kilogram (Kg).

Salah seorang pedagang di Pasar Baru I Tanjungpinang, Supardi, 32, menjelaskan saat ini harga daging ayam Rp 40 ribu per Kg, beberapa hari sebelumnya dijual R 39 ribu per Kg. Biasanya kenaikan yang cukup tinggi akibat kenaikan harga di kandang. “Belum lama ini di kandang harganya naik Rp 7.000,” kata Supardi, Senin (20/12).

BACA JUGA: Pemkab Karimun Jamin Ketersediaan BBM dan Sembako 

Supardi menjelaskan, kenaikan harga ayam di pasar oleh pedagang biasanya menyesuaikan harga di kandang. Saat ini lima hari jelang natal dan 10 hari jelang akhir tahun belum terjadi lonjakan harga yang cukup signifikan.

“Sekarang belum terlihat lonjakan harga daging ayam, kita gak tahu beberapa hari ke depan, kita lihat saja,” ucapnya.

Sementara itu harga daging sapi beku juga masih normal atau belum mengalami kenaikan, saat ini dijual Rp 100 ribu per Kg sedangkan untuk daging sapi beku dijual Rp 130 ribu per Kg.

“Kalau daging sapi beku belum ada kenaikan , harganya masih sama seperti awal tahun ini,” kata salah satu pedagang daging sapi di Pasar Baru I Tanjungpinang, Supri.

Sedangkan untuk harga cabai merah saat ini cenderung murah, salah satu pedagang, Abdurahman mengatakan cabai merah dijual Rp 48 ribu per Kg, cabai rawit berkisar Rp 56-58 ribu per Kg dan cabai setan Rp 70 ribu sebelumnya mencapai Rp 80 ribu per Kg.

“Kalau cabai sekarang malah turun harganya, yang naik itu bawang jawa Rp 32 ribu, kemarin Rp 30 ribu, kita nggak tahu nih beberapa hari ke depan harganya,” kata Abdurahman, saat ditemui di lapaknya.

Pantauan di pasar, harga minyak goreng di Pasar Baru I Tanjungpinang, sekarang ini masih mahal, harga paling rendah dijual Rp 17.500 dan harga tertinggi untuk merek fortune dijual Rp 19.500. (*)

Reporter : Peri Irawan