Sport

Ini Kunci Indonesia Bisa Hajar Malaysia 4-1

Bek tengah Elkan Baggott dan Evan Dimas merayakan gol keempat Indonesia ke gawang Malaysia pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2020. (PSSI)

batampos – Indonesia tampil sangat luar biasa pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2020. Dalam partai yang sangat menentukan, Indonesia menghajar Malaysia dengan skor 4-1 di National Stadium, Kallang, Singapura, tadi malam (19/12).

Dengan hasil ini, Indonesia menjadi juara Grup B dengan koleksi 10 poin hasil tiga kali menang dan sekali imbang. Vietnam yang pada saat yang hampir sama menghajar Kamboja 4-0 menjadi runner-up.

Sejatinya, koleksi poin (10) dan selisih gol (+9) Indonesia dan Vietnam sama. Namun, Indonesia berhak finis sebagai juara grup karena unggul dalam agresifitas mencetak gol (13 gol dibanding 9 gol milik Vietnam).

“Sebelum laga, saya katakan ke pemain, meskipun kita kebobolan lebih dulu kita jangan panik. Terus fokus, tenang, punya determinasi, dan tetap bermain seperti apa yang sudah kita latih pada sesi latihan,” ucap pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong dalam wawancara setelah pertandingan.

Kepada pemain Indonesia, Shin mencontohkan momen final East Asian Cup 2017. Saat itu, tim asuhan Shin, Korea Selatan, kebobolan lebih dulu melawan Jepang. Tetapi Korea Selatan bangkit dan menjadi juara dengan menghajar Jepang dengan skor telak 4-1.

Kebetulan, skor akhir laga itu, sama dengan kemenangan Indonesia atas Malaysia hari ini. “Intinya memang harus tetap tenang,” ucap Shin.

Pada laga ini, Indonesia tertinggal lebih dulu lewat gol cantik gelandang Malaysia Kogileswaran Raj pada menit ke-13. Raj memanfaatkan bola hasil sapuan Irfan Jaya yang tidak sempurna di depan kotak penalti. Tendangan keras Raj, meluncur deras menembus gawang Nadeo Argawinata.

Tertinggal lebih dulu, Indonesia bangkit. Irfan lantas mengkompensasi kesalahannya tersebut dengan mencetak dua gol yakni pada menit ke-36 dan 43.

Pada babak kedua, Indonesia tetap tampil agresif untuk mencetak dua gol lainnya yakni lewat sepakan keras dan indah dari Pratama Arhan pada menit ke-50 dan tandukan bek tengah Elkan Baggott pada menit ke-82.

Di semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan runner-up Grup A yang juga tuan rumah Singapura. Sementara itu, juara Grup A Thailand berhadapan dengan Vietnam. “Kami akan melakukan analisis kepada Singapura. Dan kami akan bersiap dengan baik jelang pertandingan itu,” ucap Shin. (*)

Reporter: JPGroup