Metropolis

Polibatam Raih Predikat ZI Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, Baru 3 Politeknik Mendapat Penghargaan Ini

ILUSTRASI: Mahasiswa Prodi ABT Politeknik Negeri Batam foto bersama usai meraih juara umum dalam Business Administration Competition (BAC) ke 7 tahun 2021. F Ist

batampos – Di penghujung tahun 2021 ini, tepatnya Rabu (15/12/2021), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) mengumumkan sebanyak 17 Satker di bawah Ditjen Pendidikan Vokasi dan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek meraih predikat ZI-WBK termasuk Polibatam. Polibatam menerima penghargaan melalui daring, Senin (20/12/2021. Acara ini dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia.

Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) merupakan predikat diberikan kepada unit kerja yang memenuhi kriteria Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, dan Penguatan Akuntabilitas Kinerja serta khusus untuk WBBM ada tambahan yaitu Penguatan Pelayanan Publik.

‘’Untuk meraih ini Polibatam telah melalui proses Panjang. Mulai 2006 dengan menerapkan ISO 9001, selanjutnya 2017 menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), 2018 menerapkan Pelayanan Satu Pintu, 2020 bekerja sama dengan BPKP Perwakilan Kepri membangun Fraud Control Plan, dan pada tahun 2021 mengikuti seleksi ZI-WBK,’’ papar dosen sekaligus Kepala Satuan Pengawasan Internal Polibatam, Sinarti SE MSc Ak CA, Sabtu (18/12/2021).

Proses Seleksi ini melalui beberapa tahapan yaitu, pertama Penilaian Mandiri pelaksanaan ZI -WBK untuk semua satuan kerja atau Satker di lingkungan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). Dari penilaian itu, untuk Ditjen Pendidikan Vokasi diusulkan sebanyak 21 Satker untuk ZI-WBK termasuk Polibatam dan 1 satker untuk ZI-WBBM. Sedangkan untuk Ditjen Dikti sebanyak 61 satker untuk ZI-WBK. Total diusulkan dari kedua Ditjen ini adalah 83 Satker ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Penilaian di tingkat Menpan RB dimulai dari penilaian administrasi, survei eksternal yaitu Menpan RB menyebarkan kuesioner kepada pihak-pihak yang pernah menerima layanan dari Polibatam seperti mahasiswa, industri, dan masyarakat lainnya untuk mengetahui bagaimana pelayanan di Polibatam. Tahapan seleksi selanjutnya adalah Desk Evaluation dari tim penilai Menpan RB terhadap Pimpinan dan tim Pembangunan Zona integritas. Terakhir adalah penilaian dari Mystery shopper.

Selama mengikuti seleksi, Tim dari Kemdikbudristek senantiasa mendampingi dan membimbing satker yang diusulkan.

BACA JUGA: Lagi, Polibatam Raih Mahkota ISAC Ke-2

Sampai saat ini, Politeknik yang memperoleh predikat ZI-WBK baru 3 politeknik yaitu Politeknik Negeri Bandung tahun 2020, dan 2021 Politeknik Manufaktur Bandung dan Politeknik Negeri Batam.

Direktur Polibatam, Uuf Brajawidagda ST MT PhD menambahkan, ini salah satu prestasi sangat membanggakan yang diukir di tahun 2021. Sekaligus amanah besar bagi Polibatam untuk selalu mempraktikkan good governance dan memberikan pelayanan prima kepada semua pihak.

Penerapan Zi-WBK ini terwujud karena partisipasi dari semua pihak mulai dari komitmen yang tinggi dari manajemen Polibatam, semua unit dan bagian Polibatam, mahasiswa, mitra industri, masyarakat, serta instansi pemerintah. (adv)

Reporter: Suprizal Tanjung