Metropolis

Siap-Siap! Penerimaan PPPK Untuk Umum Dibuka Januari

batampos – Pemerintah akan melanjutkan pendaftaran penerimaan pegawai dengan perjanjian kerja (PPPK) tahap tiga Januari 2022 mendatang. Pembukaan kali ini dikhususkan bagi mereka yang berasal dari kalangan umum.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Hendri Arulan mengatakan PPPK ini rencananya akan dibuka Januari mendatang. Ia berharap mereka yang berasal dari lulusan sarjana pendidikan bisa mengambil kesempatan ini.

“Jadi mereka yang baru lulus atau fresh graduate bisa langsung daftar. Berlaku juga bagi mereka yang sarjana pendidikan tapi tidak bekerja sebagai tenaga honorer,” ujarnya, Senin (20/12).

Untuk persyaratan dan petunjuk teknis (juknis) masih menunggu dari pusat. Calon pelamar bisa menyiapkan sertifikat atau akta IV, ijazah dan dokumen pendukung lainnya yang berhubungan dengan pendidikan calon peserta nanti.

Hendri menyebutkan sebelumnya pembukaan PPPK sudah dibuka untuk tenaga honorer yang aktif mengajar. Tahap pertama dibuka untuk tenaga honorer yang mengajar di sekolah negeri, dan dilajutkan tahap kedua bagi mereka yang sekolah swasta. Dan yang ketiga untuk umum atau yang belum memiliki pengalaman mengajar.

“Silakan manfaatkan kesempatan ini, untuk meningkatkan jenjang karir di dunia pendidikan. Karena formasi CPNS untuk guru belum ada informasi lagi,” jelasnya.

Pria kelahiran Dabo, Singkep ini mengatakan minat untuk menjadi PNS untuk formasi guru masih sangat tinggi. Karena tahun ini tidak ada, maka diganti dengan PPPK, dan jumlah formasi yang tersedia mencapai ribuan.

“Ada seribuan formasi yang dibuka, dan Alhamdulillah kemarin hampir semua tenaga honorer kita ikut semua,” imbuh Hendri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid mengatakan setiap tahun Pemerintah Kota Batam selalu mengusulkan penambahan formasi untuk CPNS di Batam. Sektor guru dan tenaga medis menjadi hal yang paling banyak diusulkan.

“Kami sangat aktif merespon soal pembukaan CPNS maupun PPPK. Kalau ada kesempatan untuk menambah formasi pasti kami lakukan. Pendataan setiap tahun banyak yang diusulkan. Hanya saja untuk jumlah formasi yang tersedia tergantung pusat,” ujarnya. (*)

Reporter : YULITAVIA