Metropolis

4 Sekolah Baru Siap Digunakan Tahun Depan

Bangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN ) 62 Batam yang berada di kelurahan Tanjung Buntung Kecamatan Bengkong yang masih tahap pembangunan, Senin (20/12). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Pembangunan empat sekolah menengah pertama (SMP) negeri sudah rampung dikerjakan. Pembangunan yang menelan anggaran mencapai Rp 9,7 miliar lebih ini direncanakan mulai ditempati tahun depan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Hendri Arulan mengatakan pembangunan sudah selesai dilaksanakan. Saat ini pekerja tinggal membersihkan lokasi dan sisa bangunan sekolah usai pembangunan.

“Sudah selesai dikerjakan semua. Mungkin tahun depan sudah mulai ditempati. Karena masih masa pandemi, belajar tatap muka masih digelar terbatas,” kata dia, Senin (20/12).

Baca Juga: Pembangunan 4 Sekolah Baru Habiskan Anggaran Rp 9,75 Miliar

Pembangunan empat sekolah ini masuk dalam kategori mendesak. Tingginya minat masuk ke sekolah negeri, membuat kebutuhan akan sekolah negeri juga mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Karena banyak yang masuk negeri, jadi ada siswa yang terpaksa menumpang di sekolah lain. Bahkan mereka tetap sekolah walau belum ada bangunan. Makanya tahun ini kita tambah empat bangunan lagi,” jelasnya.

Pembangunan sekolah ini merupakan solusi untuk menangani membludaknya pendaftaran di sekolah negeri. Beberapa tahun ini diakui minat ke sekolah negeri meningkat cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena kondisi pandemi yang membuat banyak pekerja kehilangan pekerjaan mereka.

“Sedikit banyak, hal ini memberikan dampak terhadap pendaftaran di sekolah negeri,” sebutnya.

Empat sekolah yang dibangun tahun ini yaitu SMPN 59 Batam di Sagulung dengan anggaran Rp 3 miliar, SMPN 60 Batam di Sagulung dengan anggaran Rp 2,3 miliar. Selanjutnya SMPN 62 Batam di Bengkong dibangun dengan anggaran Rp 2,4 miliar, dan terakhir SMPN 63 Batam dibangun di Nongsa dengan nilai anggaran Rp 1,9 miliar. (*)

Reporter : YULITAVIA