Metropolis

Syarat Perjalanan Terbaru, Anak Usia 12 Tahun ke Bawah Wajib PCR

Para calon penumpang memberikan surat keterangan rapid test dan PCR kepada petugas KKP Kelas I Batam di depan pintu masuk keberangkatan di Bandara Internasional Hang Nadim. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

batampos – Pemerintah mengatur syarat perjalanan selamat Natal dan Tahun Baru (Nataru) melalui Adendum SE 24 2021. Berdasarkan surat edaran itu, pelaku perjalanan diatas 17 tahun dan belum divaksin, mobilitasnya sementara waktu dibatasi dari 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Tak hanya itu, anak usia 12 tahun ke bawah jika hendak bepergian ke provinsi lain wajib PCR.

“Iya, masyarakat yang belum vaksinasi lengkap diimbau agar tidak berpergian jarak jauh menggunakan moda transportasi umum sementara waktu dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022,” kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas I Batam, dr Achmad Farchanny, MKM, Selasa (21/12).

Bagi yang telah lengkap dosis vaksinasinya, diperbolehkan melakukan perjalanan. Namun, sebelum berangkat menggunakan moda transportasi udara, wajib menyertakan dokumen negatif rapidtest Antigen yang berlaku 1×24 jam.

Namun, ketentuan ini dikecualikan untuk tranportasi yang berada di kawasan aglomerasi perkotaan. Selain itu, juga dikecualikan bagi moda transportasi perintis di wilayah perbatasan daerah tertinggal, terdepan, terluar.

Pengeculian juga bagi perjalanan kendaraan logistik atau transportasi barang. Untuk wilayah luar Pulau Jawa dan Bali, menunjukan surat keterangan negatif Rapidtest Antigen dan kartu vaksin (dosis pertama atau kedua).

Sedangkan syarat perjalanan untuk anak dibawah 12 tahun, wajib menunjukan syarat negatif berdasarkan pemeriksaan PCR yang berlaku 3 hari. Syarat untuk anak ini berlaku untuk semua moda transportasi.

Kepada masyarakat Farchanny meminta agar selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Selain itu, ia meminta anak usia dibawa 12 tahun, belum mendapatkan vaksinasi lenhkap. Agar tidak berpergian jauh dahulu.

“Sementara ini juga jangan dulu berpergian ke luar negeri,” ungkapnya. (*)

 

Reporter : FISKA JUANDA