Metropolis

Vaksin Anak Usia 6-11 Ditargetkan Selesai 31 Januari

Vaksinasi Covid-19 usia 6-11-tahun di Batam. F.Cecep-Mulyana

batampos – Vaksinasi di Kepri terus berjalan, mulai dari kelompok lansia, diatas 18 tahun, rentang umur 12 hingga 17 tahun dan yang terbaru untuk usia 6 hingga 11 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri, M Bisri mengatakan yang baru berjalan itu vaksinasi untuk usia 6 sampai 11 tahun. Capaian vaksinasi kelompok umur ini, cukup luar biasa. Sampai saat ini sudah mencapai 10 persen.

Bisri mengatakan rata-rata seharinya, kelompok usia 6 sampai 11 tahun sebanyak 7 ribuan anak.

“Jadi ini terus berlanjut, beberapa waktu lalu pernah sempat sampai 11 ribu per harinya,” kata Bisri.

Ia mengatakan usia 6 sampai 11 tahun ada sekitar 250 ribuan di Kepri. Berdasarkan pemetaan dilakukan Dinkes Batam, ditargetkan vaksinasi kelompok usia 6-11 tahun ini dapat selesai di 31 Januari.

“Kami berharap kecepatan vaksinasinya terus seperti ini,” ungkapnya.

Bisri mengatakan capaian vaksinasi usia 6 sampai 11 tahun ini tidak terlepas dari peran orangtua dan guru. Setiap harinya, kata Bisri, selalu ada vaksinasi massal untuk usia 6 hingga 11 tahun.

“Vaksinnya di sekolah atau tempat-tempat yang telah ditentukan,” ungkap Bisri.

Vaksinasi terhadap anak-anak ini, dapat meningkatkan herd immunity di Kepri. Ia mengatakan herd immunity akibat vaksin ini telah terbukti di Batam.

“Batam sudah, kami akan mencoba juga melakukan survey di daerah-daerah lainnya. Tapi jika melihat angka kasus Covid, herd immunity ini sudah terjadi di Kepri. Kita harap kasus Covid tetap rendah,” ujarnya.

Vaksinasi usia 6 sampai 11 tahun ini tidak hanya dilaksanakan Dinas Kesehatan Kepri atau Kota dan Kabupaten. Instansi-instansi vertikal juga melaksanakan vaksinasi.

Salah satunya Polda Kepri, yang terus membantu untuk memvaksin anak usia 6 sampai 11 tahun. Selasa (21/12), Polda Kepri melaksanakan vaksinasi di Sekolah Dasar Shabilla dan SDN 16 Sagullung.

Kabiddokes Polda Kepri, Kombes Muhammad Haris mengatakan di dua sekolah itu, jajaran Biddokes Polda Kepri memvaksin sebanyak 1.650 anak.

“Antusiasnya sangat tinggi. Vaksin yang kami berikan itu jenis Sinovac,” ungkap Haris.

Ia mengatakan Polda Kepri akan terus berkomitmen melaksanakan vaksinasi untuk setiap kelompok umur. Haris mengatakan akan menyambangi sekolah-sekolah, untuk membantu pemerintah daerah.

“Ke depan akan ada sekolah lainnya kami sambangi. Harapannya terbentuknya herd imunity,” pungkasnya. (*)

Reporter : FISKA JUANDA