Sport

Toprak Razgatlioglu Beri Sinyal Membalap di MotoGP

Toprak Razgatlioglu di podium setelah memastikan diri menjadi juara WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. (AFP)

batampos – Juara dunia World Superbike (WSBK) Toprak Razgatlioglu memberikan sinyal bahwa peluang untuk membalap di MotoGP tetap terbuka untuknya. Dia menyatakan, kesempatan itu paling cepat akan datang kepadanya pada musim 2023.

Sinyal itu dia sampaikan setelah Yamaha memberikan kesempatan kepadanya untuk menjajal Yamaha YZR-M1 musim depan.

”Aku akan menguji M1 dalam beberapa kesempatan tahun depan. Dalam uji coba tersebut aku akan melakukannya bersama Cal Crutchlow (rider cadangan Yamaha),” ungkap rider Turki tersebut kepada GP One.

”Kemudian, aku bisa menjalani debut di MotoGP di musim 2023,” tambahnya. ”Untuk saat ini, seluruh konsentrasiku akan aku curahkan untuk WSBK musim depan,” tandasnya.

Baca Juga: Di Mandalika Pembalap Turki Kunci Gelar Juara Dunia WSBK 2021

Razgatlioglu juga diisukan telah sepakat menandatangani kontrak untuk menjadi pembalap cadangan tim RNF Racing-Yamaha musim depan. Tim yang sebelumnya bernama Petronas Yamaha-SRT tersebut akan diperkuat Andrea Dovizioso dan Darryn Binder.

Razgatlioglu akan menggantikan berbagi peran dengan Crutchlow yang lebih fokus menjadi rider cadangan tim utama Yamaha. Jika benar Razgatlioglu akan pindah ke MotoGP, maka peluang terbesarnya adalah menggantikan Binder.

Karena di tim utama Fabio Quartararo akan menjadi target utama untuk dipertahankan. Sedangkan Franco Morbidelli sudah dikontrak sampai akhir 2023. Sementara di RNF, Dovizioso dan Binder hanya dikontrak sampai akhir 2022.

Razgatlioglu sendiri sudah ditawari Yamaha untuk membalap di MotoGP pada 2021. Itu setelah kekacauan yang diakibatkan dari Maverick Vinales yang memutuskan hengkang dari tim pabrikan garpu tala tersebut. Namun, rider Pata Yamaha itu menolak karena masih ingin memburu gelar juara di WSBK.

Lalu apa yang akan menjamin Razgatlioglu bisa meraih kursi balap di MotoGP? Dia harus mempertahankan gelar juaranya di WSBK tahun depan. (*)

Reporter: JPGroup