Sport

Piala Afrika, Liverpool FC Minta Dispensasi Sepekan

Striker Liverpool Mohamed Salah merayakan golnya setelah The Reds membabat FC Porto 5-1 dalam laga Grup B Liga Champions di Estadio do Dragao, Porto, Portugal. (Pedro Nunes/Reuters/Antara)

batampos – Tiga pemain utama Liverpool FC diminta untuk kembali ke negaranya masing-masing untuk memperkuat timnya di Piala Afrika 2021.

Ketiganya yakni Wide attacker Mohamed Salah masuk dalam daftar skuad Mesir untuk Piala Afrika 2021. Sama dengan wide attacker Sadio Mane yang dipanggil Senegal dan gelandang Naby Keita (Guinea).

Karena hal itu pula, Liverpol FC meminta dispensasi selama sepekan agar ketiga pemain andalannya tersebut masih bisa bertanding di liga Inggris.

Jika mengacu pada regulasi FIFA, pemain yang memperkuat timnas untuk sebuah turnamen mayor harus bergabung 13 hari sebelum start turnamen bersangkutan.

Seiring Piala Afrika dimulai pada 9 Januari 2022, trio pemain LFC sudah harus meninggalkan Merseyside pada 27 Desember nanti.

Bahkan, seiring LFC tidak bisa melakoni Boxing Day melawan Leeds United di Anfield (26/12), tiga pemain itu semestinya bisa pergi lebih cepat.

Duel LFC versus Leeds United ditunda lantaran badai Covid-19 yang menyerang skuad tim tamu.

Namun, seperti yang dilansir This is Anfield, LFC ingin meminta dispensasi kepada timnas dari Salah, Mane, dan Keita untuk mereka telat bergabung.

Sebab, The Reds berharap masih bisa memiliki trio pemain Afrika tersebut untuk sepekan lagi atau sampai 3 Januari 2022.

Tenaga mereka dibutuhkan lantaran skuad Juergen Klopp bakal menghadapi dua laga tandang yang sulit di Premier League.

Masing-masing melawan Leicester City di King Power Stadium (29/12), lalu melawat ke Stamford Bridge, kandang Chelsea (3/1).

Dua laga tersebut merupakan yang paling vital di antara enam laga yang bisa dilewatkan trio pemain Afrika milik LFC.

Laga-laga lainnya adalah putaran ketiga Piala FA melawan Shrewsbury Town FC, dua leg semifinal Piala Liga kontra Arsenal, serta dua laga Premier League menghadapi Brentford FC dan Crystal Palace.

”Seperti Mo (Salah, Red), saat ini dia dalam performa puncak yang tentu saja sangat kami butuhkan,” tutur Klopp di laman resmi klub.(*)