Metropolis

Vaksinasi Anak di Batam Baru Capai 18 persen

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Batam. F.Cecep Mulyana/Batampos

batampos – Capaian vaksinasi anak terus mengalami peningkatan. Pembukaan pos vaksin di kecamatan, serta pihak swasta diharapkan bisa mempercepat pemberian vaksin bagi anak usia 6-11 tahun hingga akhir Desember ini.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan capaian sudah berada di angka 24.620 atau 18 persen dari target 133.051 anak yang menjadi sasaran vaksin berikutnya.

Sebelumnya, pemberian vaksin sudah dijalankan kepada kategori prioritas. Pertama tenaga kesehatan, disusul lanjut usia, setelah itu masyarakat umum usia 18 tahun ke atas, pelajar usia 12-17 tahun, dan sekarang usia 6-11 tahun.

“Ini artinya upaya pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi sudah sangat luar biasa. Hal ini tidak bisa berjalan baik, kalau tidak ada dukungan Forkopimda, swasta, dan yang paling penting itu orangtua anak,” jelasnya, Minggu (26/11).

Amsakar menilai pemberian vaksin untuk anak-anak ini tidak akan berjalan, kalau edukasi dari orangtua tidak ada. Masyarakat Batam sudah sangat baik dan menerima vaksin sejak awal diberikan. Bahkan, ketika daerah lain masih belum maksimal, Batam sudah menjalankan dan mencapai hasil yang baik.

Pemberian vaksin untuk pelajar ini juga merupakan persiapan anak kembali ke sekolah. Meskipun belum 100 persen belajar penuh, namun belajar tatap muka memberikan dampak yang baik bagi psikologis anak.

“Belajar di sekolah membuat anak aktif dan bisa bersosialisasi dengan sesama murid. Kendati demikian, kami tetap ingin anak aman dan merasa nyaman ketika berada di sekolah,” bebernya.

Meskipun sudah mendapatkan vaksin dosis pertama, pihaknya mengingatkan kepada pihak sekolah untuk tetap mengawasi dan menerapkan protokol kesehatan (Protkes) di lingkungan sekolah.

“Tidak ada yang boleh abai. Karen Covid-19 belum usai. Vaksin jalan terus, namun Protkes tidak boleh kendor. Mari kita jaga agar lingkungan sekolah bebas dari Covid-19,” ajak Amsakar. (*)

Reporter : YULITAVIA