Metropolis

Harga Cabai Setan Hingga Rp 100 Ribu Per Kg

Cabai di Pasar Bengkong Sadai F.man Wachyudi

batampos – Cabai rawit merah atau biasa dikenal cabai setan dikenal dengan rasa pedasnya yang mampu membuat menjerit. Namun saat ini tak hanya rasa, harga cabai setan ternyata mampu membuat masyarakat menjerit. Sebab saat ini, harganya dijual hingga Rp 100 ribu perkilogram (kg).

Di Pasar Botania Batamcenter misalnya, harga cabai setan ini dijual Rp 90-100 ribu perkg. Harganya cukup membuat pembeli ciut, dan akhirnya batal membeli.

“Banyak yang batal membeli karena tahu harganya mahal. Jadi mereka beralih ke cabai rawit hijau,” ujar Yanto, salah satu pedagang.

Menurut dia, harga cabai rawit merah sudah tinggi sejak sepekan terakhir. Hingga Minggu (26/12) harga cabai yang satu ini masih tetap tinggi. Sedangkan untuk cabai rawit hijau dijual Rp 70 ribu perkg, cabai merah keriting Rp45- 50 ribu per kg.

“Saya pun tak berani stok banyak, karena harganya mahal. Jadi sekarang lebih banyak yang beli cabai rawit hijau dan cabai merah keriting,” ungkap Yanto.

Hal senada dikatakan Midah, pedagang lainnya yang juga membenarkan harga cabai setan tinggi. Meski begitu, masih ada yang membeli, walaupun dengan jumlah terbatas.

“Ya paling ada yang ambil seperempat, satu ons. Tak banyak, karena lebih memilih cabai rawit hijau,” terang Midah.

Tingginya harga cabai setan ini juga terpantau di Pasar Pujabahari Nagoya. Rata-rata para pedagang menjual Rp 95 ribu per kg. Sedangkan di pasar Tos 3000 Jodoh, harga cabai ini dijual Rp 75- 80 ribu per kg.

Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau kaget dengan harga cabai merah yang tinggu. Sebab harga dari daerah asalnya tak sampai semahal itu. Ia pun menduga, tingginya harga cabai ini sengaja dimanfaatkan para pedagang.

“Harga di daerah tak semahal itu, ini akal-akalan pedagang saja karena momen natal dan tahun baru,” imbuh Gustian saat sidak ke pasar Pujabahari.

Karena itu, dalam waktu dekat ia berencana memanggil distributor cabai yang ada di Batam. Untuk memastikan harga cabai sebenarnya.

“Di Batam hanya ada 3 distributor cabai, kami akan panggil untuk memastikan harganya,” jelas Gustian.

Disisi lain, Gustian mendapat infomasi jika sebagian harga cabai tinggi karena diterbangkan dengan pesawat. Karena harga expedisi maskapai tinggi, diduga menjadi penyebab tingginya juga harga cabai setan.

“Sebagian memang mengunakan pesawat, karena kondisi gelombang di laut tinggi dan tak menentu,” pungkasnya. (*)

Reporter : Yashinta