Sport

Newcastle United vs Manchester United: Menguji Peran Baru CR7

Striker Manchester United Cristiano Ronaldo. (F. Oli Scarff/AFP)

batampos – Dalam tiga laga terakhir sejak dilatih Ralf Rangnick, Manchester United memang tidak pernah kalah. Perinciannya, dua kali menang dan sekali seri.

Dalam tiga laga itu, megabintang Cristiano Ronaldo baru mencetak satu gol. Dia juga mulai mengemban tugas baru untuk ikut melakukan pressing ketat ketika bola dikuasai lawan.

Adaptasi untuk kesuksesan strategi itu diyakini membutuhkan waktu. Apalagi, Ronaldo, sejak berkostum Juventus tiga tahun lalu, lebih banyak berperan sebagai target man.

Wajar jika kemudian ada kekhawatiran kalau peran baru itu bisa membuat keran gol pemain berjuluk CR7 tersebut macet.

Nah, peran baru CR7 inilah yang bakal diuji ketika United menghadapi Newcastle dini hari nanti (siaran langsung Mola TV pukul 03.00 WIB).

Rangnick ingin memperpanjang laju tak terkalahkan United bersamanya. Sekaligus sebagai kado Natal yang menyenangkan.

’’Aku ingin bermain di hadapan 75 ribu penonton yang memadati Old Trafford, Manchester. Semoga para suporter tetap diberi kesehatan dan hal yang lebih baik lagi menjelang tahun baru,’’ papar Rangnick kepada Manchester Evening News.

Komentarnya itu merujuk dua matchweek terakhir melawan Brentford FC (14/12) dan Brighton & Hove Albion (18/12). Dua laga itu batal digelar lantaran kasus positif Covid-19 yang meningkat.

Harapan mantan der trainer RB Leipzig itu sangat mungkin bakal terwujud dengan kehadiran Ronaldo. Bagaimana tidak, Newcastle merupakan salah satu lawan favorit pemain 36 tahun itu.

Ronaldo belum pernah kalah dalam 12 pertemuan melawan The Magpies –julukan Newcastle. Perinciannya, 11 kali menang dan sekali seri.

Bahkan, kontribusi gol pemilik lima Ballon d’Or itu ke gawang Newcastle melebihi jumlah pertemuannya menghadapi tim asuhan Eddie Howe tersebut. Yakni, 13 gol.

Perinciannya, 8 gol dan 5 assist. Bak déjà vu bagi Ronaldo, Newcastle adalah tim yang menandai comeback-nya berkostum United. Ya, Ronaldo mencetak dua gol ketika membantu United menang 4-1 pada matchweek keempat (11/9).

Lebih jauh, mantan pemain Real Madrid itu juga selalu impresif di Boxing Day. Dalam lima laga sebelumnya di periode pertama bersama United pada 2003–2009, Ronaldo mencetak 3 gol dan 1 assist. Dia juga selalu sapu bersih lima Boxing Day tersebut. (*)

Reporter: JPGroup