Metropolis

Baznas Kota Batam Gelar Pembekalan dan Pelatihan Dai

Wakil Ketua III Baznas Kota Batam, Aprizal Yusrizal Lelo, memberikan materi tentang kinerja Baznas Kota Batam di 2021. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batam mengelar pembekalan dan pelatihan Dai yang berada di wilayah Mainland dan Hinterland.

Kepala Baznas Kota Batam, Muhith, mengatakan, program Dai Baznas sudah ada cukup lama. Hanya saja lanjutnya selama ini masih fokus di wilayah hinterland saja.

“Dulu konsentrasinya di hinterland dan itu banyak dibantu oleh lembaga lain. Sehingga kita berinisiatif utnuk menambah jumlah Dai,” jelasnya saat ditemui di Lantai 4 Gedung Pemko Batam, Selasa (28/12/2021).

Ia menjelaskan, saat ini banyak juga masyarakat di mainland yang memerlukan bantuan. Salah satunya yang menetap di rumah liar (Ruli).

“Inti kegiatan ini jumlah wali santrinya kurang mencukupi. Sehingga kita menambah jumlah baik dari dari hinterland dan mainland,” paparnya.

Ia mengatakan, awalnya Baznas Kota Batam menarget jumlah Dai sebanyak 100 orang. Namun saat ini ditambah sehingga total saat ini ada 130 orang.

Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid, para komisioner Baznas Kota Batam dan Dai berfoto bersama pada pembekalan dan pelatihan Dai yang berada di wilayah Mainland dan Hinterland. Foto: Messa Haris

Mereka lanjutnya tersebar di seluruh kecamatan di yang dibagi dalam empat zona. Para Dai lanjutnya akan menerima insentif sesuai dengan zona atau area tempat mereka menetap.

“Zona 1 sekitar Rp750 ribu, zona dua Rp900 ribu, zona 3 Rp1,2 juta dan zona 4 Rp1,5 juta perbulan. Total anggaran yang kita keluarkan untuk para Dai ini sekitar Rp140 juta/bulan,” paparnya.

Menurutnya dengan adanya penambahan jumlah Dai diharapkan seluruh kegiatan Baznas Kota Batam dapat diketahui oleh masyarakat luas.

“Jadi mereka ini seperti marketing kita atau corong dari Baznas dan nantinya setiap kegiatan yang kita lakukan akan kita publikasikan di media sosial kita,” paparnya.

Wakil Ketua III Baznas Kota Batam, Aprizal Yusrizal Lelo, mengatakan, ada beberapa program utama dari Baznas Kota Batam. Yakni Batam Cerdas, Batam Taqwa, Batam Makmur, Batam Peduli dan Batam Sehat.

“Kita juga mempunyai tim Baznas Tanggap Bencana. Jadi ada saudara kita yang terkena musibah, misalnya kebanjiran, tanah longsor atau angin kencang, tim kita akan langsung turun ke lapangan,” tuturnya.

Selain itu lanjutnya, Baznas Kota Batam juga memiliki Rumah Sehat Baznas. Bahkan saat ini kata dia, Baznas Kota Batam memiliki program sunat gratis yang dilakukan setiap Jumat pagi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mengatakan, dengan adanya pelatihan tersebut dapat menambah pemahaman, pengetahuan dan metode bagaimana bisa menyampaikan kepada masyarakat. Sehingga lanjutnya dapat meningkatkan pendapatan Baznas Kota Batam.

“Dengan meningkatnya pendapatan Baznas, tentu akan berimbas kepada peningkatan pendistribusian zakat kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Kata dia, selama ini para Dai selama ini adalah perpanjangan tangan dari Baznas dalam berdakwah khususnya dalam berzakat berinfaq dan bersedekah.

Reporter: Messa Haris