Pro Kepri

Semester Pertama Tahun 2021, Disdukcapil Karimun Keluarkan 76.025 Lembar Akta Lahir

Kantor Disdukcapil Karimun

batampos- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karimun, mencatat pembuatan akte kelahiran warga kabupaten Karimun mencapai 76.025 lembar, laki-laki ada 39.738 dan perempuan 36.287 pada semester pertama tahun 2021. Dan, apabila dibandingkan semester pertama tahun 2020 lalu 62.672 lembar atau laki-laki 32.795 dan perempuan 29.877.

BACA JUGA: Semester 1, 2021, Jumlah Penduduk Karimun Capai 260,438 Jiwa yang Tercatat di Disduk

” Ada kenaikan sekitar 13 ribu lebihlah yang telah dikeluarkan akte kelahiran di kabupaten Karimun. Itu, secara global. Artinya, ada ibu yang melahirkan langsung membuat akte, ada juga anak yang sudah besar baru dibikin akte oleh orangtuanya,” jelas Kepala Bidang Pengelolaan Infomasi, Administrasi dan Kependudukan Iwan Susila mewakili kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karimun, Rabu (29/12).

Sedangkan, menurut jenis kelahiran pada tahun ini, didominasi melahirkan secara tunggal atau anak satu, ada juga yang melahirkan kembar dua dan tiga. Dimana, untuk melahirkan secara tunggal ada 75.754 jiwa, melahirkan secara kembar dua 268 jiwa dan melahirkan kembar tiga ada tiga jiwa. Dan, apabila dibandingkan tahun 2020 disemester pertama terjadi kenaikan.

” Untuk tempat melahirkan paling banyak berada di Rumah Sakit, kemudian Puskesmas, Polindes, rumah pribadi dan sebagainya,” ungkapnya.

Dengan demikian, pihaknya hingga sekarang masih melayani pembuatan akte kelahiran dengan melampirkan persyaratan. Sementara itu data pembuatan akte kelahiran untuk semester kedua ditahun 2021 ini belum bisa di informasikan ke publik. Sebab, masih dalam proses perekapan data dari Dinas Kesehatan Karimun.

” Hingga besok (Jumat-red) kita masih melayani pembuatan akte kelahiran. Persyaratannya mudahlah, seperti surat kelahiran dari rumah sakit, puskesmas, bidan, KTP-eL suami istri isi blangko disini. Langsung kita proses,” tuturnya.

Sementara itu TU UPT Puskesmas Tanjung Balai Karimun Azmi menuturkan, untuk pelayanan bersalin tetap ada walaupun pandemi Covid-19. ” Untuk melahirkan secara normal masih bisa kita tangani, tapi kalau mengalami kesulitan langsung kita larikan ke RSUD M Sani. Sejak, Januari hingga sekarang yang sudah melahirkan di UPT Puskesmas Tanjung Balai Karimun mencapai 406 orang lebih,” katanya. (*)

Reporter: Try Haryono