Metropolis

Prajurit Marinir Bersama Masyarakat Tanam Ratusan Bibit Pohon Mangga dan Alpukat

Tanam pohon penghijauan
Ratusan Prajurit Batalyon Infanteri 10 SBY bersama masyarakat melakukan penanam bibit pohon mangga dan alpukat di sekitar lapangan voli Taman Cipta Asri Tahap 2, Tembesi, Sagulung, Jumat (31/12/2021). Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos – Ratusan Prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir Satria Bumi Yudha (SBY) melakukan penanam bibit pohon mangga dan alpukat di sekitar lapangan voli Taman Cipta Asri Tahap 2, Tembesi, Sagulung, Jumat (31/12/2021).

Kegiatan menanam pohon ini melibatkan masyarakat sekitar dan dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

“Yang ditanam bibit pohon mangga dan bibit pohon alpukat. Jenis buah-buahan yang kita tanam yang bermanfaatlah buat warga sekitar, Hari ini ada 300 batang yang kita tanam,”, ujar Danyon Marinir SBY/10, Letkol Mar Briand Iwan Prang melalui perwira Seksi Personil (Pasipers) Letda Mar, Maya Pancasagita saat dijumpai dilokasi kegiatan penanaman bibit pohon.

Ia menjelaskan, prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY yang tergabung dalam Rayon 2A dan warga sekitar sangat antusias melakukan penanaman pohon.

Terlebih lokasi penanaman berdekatan dengan sekolah SMP serta SD yang membutuhkan penghijauan.

“Dengan menanam satu pohon artinya menanam sebuah harapan dunia ini jadi lebih baik, lebih sehat bagi generasi penerus kita nanti. Satu pohon bisa menghasilkan berjuta-juta oksigen yang dibutuhkan manusia,” sebutnya.

Danyon Marinir SBY/10, Letkol Mar Briand Iwan Prang, lanjutnya, mengimbau kepada seluruh prajurit agar terus menanam pohon untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor.

“Kegiatan seperti ini harus selalu dilakukan agar tidak terjadinya bencana seperti banjir, apalagi pohon yang ditanam bibit buah nanti bisa dinikmati hasilnya,” ujarnya.

Kegiatan bakti Marinir terhadap lingkungan ini mendukung program dari satuan atas untuk peduli terhadap lingkungan.

“Karena bumi ini semakin panas, Makanya kita melakukan penanaman bibit pohon serta bergotong royong bersama masyarakat sekitar. Gotong-royong ini juga dihadiri ibu-ibu Jalasenastri ranting E cabang 7 PG Kormar,” katanya.

Pasipers berharap warga sekitar dapat merawat pohon yang ditanam hingga menghasilkan buah. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk masyarakat banyak.

“Karena ini tanaman jenis buah-buahan tentunya banyak keuntungannya,” jelasnya.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 005 RW 021 Taman Cipta Asri 2, mengatakan, sangat dan terbantu dengan kegiatan tersebut.

Karena dapat menciptakan kebersihan lingkungan dan penghijauan di lingkungan RW 021 pada khususnya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan ini sudah yang kedua kali dilakukan marinir. Pertama dulu penataan pohon-pohon yang sudah menutup area jalan. Dan semua ini akan kita lakukan perawatan Seminggu dua kali dengan cara gotong-royong,” tutupnya.

Reporter: Dalil Harahap