Metropolis

Tahun Ajaran Baru, Belajar Tatap Muka Masih per Shift

SDN 019 Perdana Masuk Dalil Harahap3
Ilustrasi

batampos – Tahun ajaran baru 2021/2022 dimulai pada Senin (3/1). Proses belajar mengajar tatap muka di sejumlah sekolah masih berjalan secara per shift.

“Untuk hari pertama tahun ajaran baru ini kita masih melaksanakan secara per shift” ujar Kepala SDN 013 Sagulung Basoni, Minggu (2/1).

Menurutnya, dalam pelaksanaan belajar mengajar secara tatap muka ini pihaknya masih menekankan protokol kesehatan yang ketat. Dimana setiap siswa wajib memakai masker dan menjaga jarak. “Prokes Tetap berjalan,” tambah Basoni.

Disinggung mengenai rencana pembelajaran secara normal lagi, pihaknya mengaku masih menunggu edaran dari Wali Kota Batam dan Dinas Pendidikan Kota Batam. “Sejauh ini belum ada edaran, kita masih tunggu seperti apa nantinya,” ucap Basoni.

Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah SMPN 27 Batam, Borbor HT Pasaribu. Menurutnya, hari pertama pembelajaran tatap muka tahun ajaran 2021/2022 masih dibagi menjadi dua shift. “Sejauh ini belum ada rekomendasi belajar full,” ucapnya.

Borbor menambahkan, pihaknya juga baru akan melaksanakan webinar mengenai kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka tahun 2022 bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). “Besok, (Hari ini) baru mau Webinar,” tambahnya.

Webinar ini akan disampaikan oleh Sekjen Kemdikbudristek, Suharti, Dirjen PAUD Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Kemdikbudristek RI Jumeri. Hadir juga beberapa orang narasumber yakni PLT Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kartini Rustandi, PLT Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Sugeng Haryono dan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, M. Ali Ramdhani.

“Kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka tahun 2022 dari SKB 4 menteri,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan belum bisa dikonfirmasi mengenai pembelajaran tatap muka full dalam satu kelas di tahun ajaran baru ini. (*)

Reporter : Rengga Yuliandra