Metropolis

Hari Ini Diprediksi Arus Balik Nataru di Batam

Hang Nadim
Ilustrasi. Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Foto: BP Batam untuk Batam Pos

batampos – Pengelola Bandara Internasionak Hang Nadim memprediksi arus balik Nataru (Natal dan Tahun Baru) diprediksi, Selasa (4/1). Namun jumlah penumpang yang kembali ke Batam tidak ramai. Karena saat arus mudik Nataru, jumlah penumpang yang berangkat rata-rata 4 ribu hingga 5 ribuan orang.

“Prediksinya besok (4/1), arus balik,” kata General Manager BUBU Hang Nadim, Bambang Soepriono, Senin (3/1).

Arus mudik dan balik Nataru kali ini, tidak seramai sebelum pandemi. Covid-19 masih menjadi alasan masyarakat enggan untuk berpergian ke luar negeri. “Jika dibandingkan sebelum pandemi, jauhlah,” ucap Bambang.

Walaupun begitu, Bambang mengatakan animo masyarakat mulai meningkat untuk kembali menggunakan moda transportasi udara. Bambang mengatakan selama pandemi ada beberapa waktu, jumlah penumpang meningkat. Salah satunya disaat arus mudik Nataru, jumlah penumpang datang dan pergi mencapai 10 ribuan orang.

Bambang mengatakan capaian penumpang hingga 10 ribu adalah hal yang luar biasa saat pandemi. “Saat ini, kami masih memantau arus balik, apakah ramai atau tidak. Tapi dari pantauan kami, masih ramai yang berangkat keluar Batam,” ujarnya.

Pada 2 Januari, penumpang yang datang 4.048 orang dan berangkat 4.376 orang. Jumlah pesawat datang tercatat 30 penerbangan, berangkat 29 penerbangan. Walaupun jumlah penumpang cukup tinggi, namun barang yang diangkut tidak banyak.

Dari data kargo, 2 Januari tercatat 20.218 kilogram barang yang datang dan 2.906 kilogram. Dibandingkan 31 Januari, kargo untuk yang datang 44.850 kilogram barang dan berangkat 28.188 kilogram.

Selama Nataru, baik arus mudik maupun balik, pihak Bandara Internasional Hang Nadim Batam menerapkan aturan protokol kesehatan ketat.

Setiap penumpang yang masuk terminal akan diperiksa suhunya, dan verifikasi syarat penerbangan. Penumpang yang datang juga diperiksa oleh petugas KKP.

Petugas Hang Nadim juga melakukan patroli rutin dan mengimbau masyarakat agar dapat selalu mematuhi protokol kesehatan. (*)

Reporter : FISKA JUANDA