Pro Kepri

Awal Tahun, Harga Cabai masih Tinggi

batampos-Awal tahun 2022, harga sejumlah kebutuhan dapur di Pasar Baru I Tanjungpinang mengalami kenaikan, mulai dari harga cabai, telur hingga daging ayam potong juga mengalami peningkatan harga.

Salah seorang pedagang cabai, Abdurahman menjelaskan sejak tiga hari belakang harga cabai terutama cabai rawit mengalami kenaikan, saat ini harga jual berkisar antara Rp 80-90 ribu per Kilogram (Kg).

BACA JUGA: Petani Desa Kuala Sempang, Lobam Bisa Panen 3 Ton Cabai Hijau

“Sejak tiga hari ini paling murah Rp 80 ribu paling mahal Rp 90, sebelumnya masih Rp 60 ribu,” kata Abdurahman, saat ditemui di lapaknya, Rabu (5/1).

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Baru I Tanjungpinang melayani pembeli, Rabu (5/1) f. Peri Irawan

Tidak hanya cabai rawit, cabai merah yang didatangkan dari Bukittinggi, Sumatera Barat itu juga meroket naik dengan harga bekisar antara Rp 50-52 ribu per Kg, tiga hari sebelumnya masih dijual Rp 44 ribu per Kg.

“Dua hari ini ada kenaikan sekitar Rp 6 ribu, termasuk cabai setan sekarang naik lagi jadi Rp 80 ribu, kemarin itu masih Rp 70 ribu,” tuturnya.

Menurutnya kenaikan harga terjadi karena saat ini cabai rawit yang didatangkan itu berasal dari Aceh dan Surabaya masih menggunakan pesawat sehingga harus membayar ongkos lebih dan harga jual terpaksa dinaikkan.

“Infonya kapal yang biasa angkut cabai ini belum jalan, jadi sementara menggunakan pesawat, kita tahulah ongkosnya mahal,” terangnya.

Dengan begitu, stok cabai juga terbatas sementara permintaan banyak, bahkan terkadang antar pedagang di Pasar Baru juga saling berbagi cabai, hal itu juga berdampak pada harga.

“Kadang pagi masih murah tapi siangnya mahal, karena ada pedagang lain yang beli ke sini otomatis dia harus jual lebih mahal,” terangnya.

Sementara itu, salah satu pedagang daging ayam potong, Suprianto menyebutkan harga jual daging ayam paling mahal Rp 42 ribu per Kg untuk orang yang beli satu Kg, sebelum natal 2021 kemarin masih Rp 40 ribu per Kg.

“Sekarang Rp 42 ribu, tapi untuk pembelian banyak harga juga bisa berkurang. Bisa Rp 39 ribu per Kg kalau beli 100 Kg,” terangnya.

Sedangkan harga telor ayam, pantauan Batam Pos di Pasar Baru dijual Rp 50 per papan atau 30 butir, untuk penjualan 10 butir dijual Rp 17 ribu. Sebelumnya harga satu papan telur ayam masih Rp 48 ribu. (*)

 

Reporter : Peri Irawan