Pro Kepri

Meski Ada Diskon, Pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor Lebihi Target 2021

Reni Yusneli

batampos- Pertengahan 2021, Pemprov Kepri memberi relaksasi atau diskon pajak kendaraan bermotor. Tujuannya untuk memacu para pemilik kendaraan apalagi yang sudah telat membayar pajak, untuk membayar pajak kendaraannya. Ternyata, upaya ini sangat berhasil.

Buktinya, seperti yang disebut Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri, Reni Yusneli, target penerimaan pajak kendaraan bermotor untuk tahun 2021 melebih target. Reni Menyebut, pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor mencapai Rp 454,241 Miliar atau 112,30 persen. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Rp 233,751 Miliar atau 113,75 persen.

BACA JUGA: Pajak Rokok 2021 Capai Rp 130,292 Miliar

“Alhamdulillah realisasi pajak dari lima sektor mencapai target secara signifikan di tahun 2021,” ujar Reni, Rabu (4/12).Reni Yusneli menjelaskan, lima sektor pajak itu yakni, Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Pajak Air Permukaan dan Pajak Rokok.

Selanjutnya, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor mencapai Rp 371,871 Miliar atau 110,17 persen, Pajak Air Permukaan Rp 900 juta atau 94,77 persen serta Pajak Rokok sebesar Rp 130,292 Miliar atau 103,59 persen.

Atas capaian pajak yang melebihi dari target, Reni mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat Provinsi Kepri, khususnya wajib pajak yang sudah membayarkan pajak tepat waktu. Pajak ini akan bisa dirasakan oleh masyarakat Kepri dalam pembangunan di Provinsi Kepri.

“Kedepannya, kami sangat berharap agar masyarakat tepat waktu membayar pajak kendaraannya. Mengingat, kami sudah menyediakan berbagai kemudahan jangkauan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak,” jelasnya.

Ia menambahkan, masyarakat dapat membayarkan pajak di UPT Samsat terdekat, melalui pelayanan samsat keliling, samsat bergerak, samsat corner di mal , samsat container dan e- samsat atau melalui alfamart dan indomaret, bahkan bisa juga melalui aplikasi bukalapak dan tokopedia.

“Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat wajib pajak yang telah berpartisipasi membangun Kepri tercinta ini, dengan taat membayar pajak,” imbuhnya. (*)

 

Reporter : Eggi Idriansyah