Pro Kepri

Ringankan Beban Ekonomi Ahli Waris, Pemkab Bintan Salurkan Uang Duka Rp 525 Juta

batampos– Bagian Kesra Setdakab Bintan menyalurkan bantuan sosial uang duka masyarakat yang telah meninggal dunia kepada ahli waris. Jumlahnya sekira Rp 525 juta dengan jumlah penerima manfaat sekira 361 angka kematian dalam kurun waktu sejak Desember 2020 hingga Desember 2021.

BACA JUGA: Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Terima Bantuan Benih Ikan Bawal dan Nila

Kabag Kesra Setdakab Bintan, Mardiani mengatakan, program bantuan sosial uang duka masyarakat yang telah meninggal dunia merupakan salah satu program prioritas pemerintah daerah.

Kabag Kesra Setdakab Bintan, Mardiani memantau penyaluran bantuan sosial uang duka masyarakat yang telah meninggal dunia. F.Bagian Kesra Setdakab Bintan

Mardiani menjelaskan, penetapan besaran dana bantuan sosial berupa uang duka yang terkena musibah meninggal dunia berdasarkan Keputusan Bupati Bintan Nomor 552/XII/2021.

Adapun besaran santunan meninggal dunia dibagi atas beberapa kategori usia yaitu usia 0 sampai dengan 5 tahun sebesar Rp 500 ribu, usia 6 sampai dengan 17 tahun sebesar Rp 750 ribu, dan usia di atas 17 Tahun sebesar Rp 1,5 juta.

Mardiani berharap, bantuan yang disalurkan mampu meringankan beban ekonomi ahli waris keluarga yang mendapatkan musibah kematian.

“Mudah-mudahan bantuan yang disalurkan bisa dimanfaatkan oleh ahli waris dengan sebaik-baiknya mulai dari pembiayaan pemakaman hingga pelaksanaan tradisi doa,” harap Mardiani.

Sementara Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menuturkan, ini merupakan program unggulan dan prioritas Pemkab Bintan bersama Bupati Bintan nonaktif Apri Sujadi, sebagai wujud kepedulian dan perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan.

“Alhamdulilah, program santunan dana kematian hingga  saat ini masih  terus berjalan, program ini juga telah dijalankan oleh Bupati Sebelumnya di zaman Pak Ansar,” kata Roby. Roby berharap program ini dapat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat Bintan. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO