Metropolis

Galang Dana untuk Korban Bencana Alam di Mandailing Natal

galang dana bencana alam
Panitia Penggalangan Dana Bantuan Halak Hita untuk Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara, turun ke jalan-jalan di Kota Batam, Selasa (11/1/2022). Foto: Raja Harahap untuk Batam Pos

batampos – Panitia Penggalangan Dana Bantuan Halak Hita untuk Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara, turun ke jalan-jalan di Kota Batam, Selasa (11/1/2022).

Pembina kegiatan, Raja Harahap, manyampaikan, kegiatan tersebut merupakan aksi kemanusiaan dan atas panggilan hati Perkumpulan Halak Hita Kota Batam.

“Kita turun ke lampu merah Simpang Kepri Mall, Simpang Panbil, Mukakuning dan persimpangan lainnya yang ada di Kota Batam,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada 60 orang anggota Perkumpulan Halak Hita Kota Batam yang turun untuk melakukan penggalangan dana.

“Penggalang dana ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap bencana alam di Mandailing Natal,” katanya.

Ia menjelaskan, beberapa desa di Mandailing Natal saat ini di kepung banjir dan longsor.

“Informasi dari saudara kita yang ada di sana, banyak daerah terdampak banjir. Karena itu, kita menggalang dana untuk bantuan warga yang terkena dampak banjir di Mandailing Natal,” tuturnya.

Ketua Ikatan Harahap Kota Batam itu mengatakan, sampai hari ini dana bantuan yang terkumpul Rp 15 juta.

“Penggalangan dana ini kita gelar mulai Sabtu dan Minggu kemarin. Kegiatan penggalangan dana ini masih akan terus berlanjut bila ada yang mau menyumbang,” ujarnya.

Kata dia, kedepan kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan apabila ada bencana alam di daerah Tapanuli Bagian Selatan (Tapsel). Seperi Madina, Padang Sidimpuan, Palas dan Paluta serta Pasaman.

Ketua Panitia, Hendri Hamonangan, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian mereka terhadap daerah asal.

“Ini bentuk kepedulian kita dan harus kita tanamkan dalam diri kita masing-masing,” ucapnya.

Hendri berharap, dengan penggalangan dana ini dapat meringankan beban saudara-saudara di Madina terutama yang terdampak bencana banjir.

“Kami juga berharap, pemerintah Kabupaten Mandailing Natal agar lebih memperhatikan lagi para korban bencana dan kerusakan-kerusakan yang terjadi akibat banjir dan longsor,” katanya.

Turut hadir pada penggalanagan dana tersebut yakni Komunitas Halak Hita yaitu Ikatatan Keluarga Mandailing Batam (IKMB), Muda Mudi Mandailing Natal Batam (M3B), Ikatan Pemuda Pasaman Batam (IPPB), Pemuda Pemudi Paluta Batam (P3B), Generasi Muda Padang Lawas (GM Palas Batam), Organisaai Mandailing Batam (OMB, STAM dan IKTIB).

Reporter: Dalil Harahap