Pro Kepri

RSUD EHD Tanjunguban Akan Jadi RS Khusus Jiwa

batampos- RSUD Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban yang merupakan milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan menjadi RSUD Khusus Jiwa. Hal ini menyusul rencana Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terkait mengadakan rumah sakit dengan pelayanan jiwa.

“Saat ini, hanya Provinsi Kepri  menjadi salah satu dari 6 provinsi yang dipilih Kemenkes,” kata Humas RSUD EHD Tanjunguban, Iranti.

BACA JUGA: Tamu Wisma Holiday Kundur Meninggal Dunia Saat Perjalanan ke Rumah Sakit

Meski namanya menjadi RS Khusus Jiwa, Iranti mengatakan, bukan semata pelayanan jiwa, namun pelayanan umum tetap dibuka di rumah sakit pelat merah ini.

“Namanya RS Khusus bukan RSJ (rumah sakit jiwa). Jadi masyarakat jangan khawatir, pelayanan umum tetap ada,” kata Iranti.

Gedung RSUD EHD Tanjunguban yang berada di simpang tiga lampu merah, Kecamatan Seri Kuala Lobam terlihat dari luar, Selasa (11/1). F.Slamet Nofasusanto

Iranti menjelaskan, sesuai usulan ke Kemenkes, lahan yang dibutuhkan untuk perluasan layanan jiwa di rumah sakit pelat merah tersebut sekira 10 hektare.

Menurut Iranti, terkait lahan, Pemprov Kepri sudah menjajaki dengan pihak perusahaan, dalam hal ini PT. Surya Bangun Pertiwi (SBP) Lobam. “Rencananya tahun ini harus dapat hibah lahannya,” kata Iranti.

Sementara hingga berita ini diturunkan, Direktur RSUD EHD Tanjunguban, dr Kurniakin Girsang belum memberikan keterangan secara resmi. Pesan lewat whatsapp belum dibalas. Demikian saat ditelepon belum direspon.

Seperti diketahui, di RSUD EHD Tanjunguban sudah memiliki Instalasi Kejiwaan sejak beberapa tahun terakhir. Dimana, rumah sakit pelat merah tersebut sudah melayani pasien dengan gangguan kejiwaan. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO