Ekonomi & Bisnis

Investasi Reksadana Saham Mendapatkan Passive Income

batampos – Sangat disayangkan jika milenial saat ini tidak menyadari betapa pentingnya investasi, seperti dalam bentuk Reksadana saham yang bisa mendatangkan beragam keuntungan. Padahal ada banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan jika kamu melakukan investasi sedini mungkin. Keuntungan tersebut juga akan kamu nikmati sendiri dan membuat kamu bersyukur atas keputusan untuk berinvestasi. Berikut ini adalah beberapa keuntungan investasi di usia muda tersebut:

Memberi Passive Income
Investasi akan mempermudah kamu untuk mendapatkan passive income. Dengan adanya passive income ini maka kamu bisa mendapat tambahan pemasukan tanpa harus menambah intensitas kerja. Sesuai dengan namanya passive income ini merupakan pendapatan yang muncul tanpa kamu harus aktif bekerja. Pendapatan ini datang begitu saja tanpa kamu melakukan usaha apapun.

Uang yang kamu investasikan ke instrumen tertentu, misalnya Reksadana saham, akan bekerja untukmu. Uang tersebut akan menghasilkan uang lainnya dan membuat keuntunganmu jadi bertambah banyak. Semakin banyak instrumen investasi yang kamu miliki dan semakin besar dana yang kamu investasikan maka akan bertambah banyak pula uang yang bisa kamu nikmati.

Menambah Jumlah Aset
Sejak muda, kamu harus berusaha untuk memiliki aset kekayaan sebanyak mungkin. Bukan hal yang mustahil bagi anak muda untuk memiliki aset yang beragam dengan nilai yang besar. Kamu bisa mewujudkannya dengan melakukan investasi sedini mungkin. Mulai saja dari investasi dengan modal kecil lalu kelola dengan baik dan biarkan investasi tersebut bertumbuh menghasilkan aset-aset kekayaan lainnya.

Contoh mudahnya adalah kamu berinvestasi dalam instrumen Reksadana saham. Dana modal yang kamu serahkan kepada manajer investasi akan dikelola terus untuk menghasilkan keuntungan. Nantinya keuntungan ini bisa kamu gunakan lagi untuk menambah aset investasi. Semakin dini kamu memulai maka semakin mudah bagi kamu mendapatkan lebih banyak aset di masa depan nanti.

Memberi Kemudahan Mengejar Mimpi
Setiap orang pasti punya mimpinya masing-masing. Pasti ada target yang ingin dicapai dan untuk mencapainya dibutuhkan biaya. Agar kamu tidak pusing memenuhi target dan mimpi-mimpimu, maka berinvestasilah mulai dari sekarang. Investasikan uangmu dan biarkan uang tersebut bekerja untukmu. Raihlah mimpi-mimpimu dengan uang hasil keuntungan investasi yang sudah kamu lakukan.

Mudah saja, sebagai manusia biasa kamu pasti ingin punya rumah sendiri. Untuk bisa membangun rumah impian kamu perlu dana yang memadai. Mungkin mustahil jika kamu hanya mengandalkan pemasukan bulanan untuk membangun rumah. Namun impian ini bisa lebih mudah terwujud jika kamu melakukan investasi dan mendapatkan tambahan penghasilan dari investasi tersebut.

Manajemen Finansial Lebih Optimal
Keputusan berinvestasi akan mempermudah kamu untuk melakukan manajemen finansial secara optimal. Tantangan terbesar bagi milenial saat ini bukan hanya mendapatkan penghasilan yang stabil. Lebih dari itu, milenial harus menghadapi tantangan dalam mengelola finansial mereka. Apalagi di zaman sekarang ini godaan untuk menjadi konsumtif begitu besar.

Apakah memang gaji yang kamu peroleh harus dihabiskan semua untuk kebutuhan hidup dan memuaskan diri sendiri? Tentu saja tidak! Kamu harus mempersiapkan dana masa tua sejak dini. Investasi akan menjadi pilihan tepat agar manajemen finansialmu bisa berjalan optimal dan stabil sampai tujuanmu tercapai. Gunakan investasi Reksadana saham atau instrumen lainnya untuk membantu pengelolaan finansial yang lebih akurat.

Mencapai Kebebasan Finansial
Melakukan investasi sejak dini juga akan membantu kamu lebih cepat mencapai kebebasan finansial di masa depan. Siapa tidak ingin bebas secara finansial? Semua orang pasti mengharapkannya. Namun sayangnya tidak semua orang sadar bahwa untuk mencapai kebebasan finansial maka dibutuhkan pengelolaan uang yang bijak. Salah satunya adalah dengan melakukan investasi.

Jika kamu memulai investasi sejak dini maka kamu akan mendapatkan passive income. Pemasukanmu bertambah dan asetmu juga terus meningkat misalnya dari Reksadana saham juga investasi lain hasil diversifikasi. Artinya kamu bisa mendapatkan kebebasan finansial lebih dini dan menikmati semua usaha yang sudah kamu lakukan selama ini. Termasuk usaha untuk menginvestasikan sebagian danamu di instrumen yang tepat.

Kerugian Jika Tidak Investasi
Saat ini ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa kamu manfaatkan. Salah satu contohnya adalah Reksadana saham yang bisa mendatangkan keuntungan besar dengan risiko minim. Kamu akan dibantu oleh manajer investasi yang sudah profesional dan bisa dipercaya. Sayang sekali masih banyak yang merasa ragu dan enggan memulai langkah investasinya sekarang juga.

Padahal perlu diketahui bahwa ada banyak kerugian yang harus kamu tanggung jika kamu tidak melakukan investasi dari sekarang. Pengelolaan finansialmu akan jadi kacau balau dan membuat kamu tanpa sadar menghabiskan dana atau gajimu setiap bulan. Kamu tidak punya dana cadangan untuk kebutuhan darurat dan tidak punya dana simpanan untuk dinikmati di masa depan.

Sangat disayangkan jika kamu tidak berinvestasi sejak usia muda dimana kamu masih sangat produktif dan bisa mendapatkan active income dalam jumlah besar. Kamu tidak bisa merasakan pertumbuhan aset dan sulit untuk mendapatkan kebebasan finansial. Selain itu kamu juga pasti akan terus mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sekaligus mencapai tujuan hidup yang kamu inginkan.

Mulai saja dari sekarang dengan memilih instrumen yang aman dan minim risiko. Investasi Reksadana saham bisa jadi pilihan tepat karena danamu akan dikelola langsung oleh pihak manajer investasi yang berpengalaman. Kamu bisa menikmati keuntungan besar dan mendapatkan simpanan dana untuk dinikmati di masa depan.

Tips Alokasi Dana untuk Investasi
Banyak orang ingin mulai berinvestasi tapi mengalami kesulitan dalam menyediakan dananya. Alokasi dana untuk investasi ini memang cukup menantang karena seringkali kita tergoda untuk menghabiskan uang demi memenuhi berbagai kebutuhan. Apalagi jika pemasukan masih pas-pasan sehingga sulit sekali rasanya untuk berinvestasi.

Pada dasarnya berapapun jumlah pemasukan yang dimiliki, kamu selalu punya kesempatan untuk investasi. Apalagi sekarang ada instrumen Reksadana saham yang bisa dimulai dengan modal terjangkau. Asalkan kamu pandai mengatur keuangan dan tahu berapa banyak persentase uang yang bisa diinvestasikan. Berikut ini adalah beberapa tips alokasi dana untuk investasi:

Catat Sumber Pemasukan
Pertama, catat dulu sumber pemasukan yang kamu dapatkan. Tuliskan berapa banyak uang yang masuk ke rekeningmu setiap bulan. Akan jauh lebih baik jika kamu juga punya sumber penghasilan tambahan bukan hanya dari pekerjaan tetap. Misalnya dengan bekerja freelance atau bisnis sampingan. Semakin banyak sumber penghasilan maka semakin besar pendapatan sehingga lebih mudah untuk investasi.

Buat Rencana Pengeluaran
Selanjutnya silakan buat rencana pengeluaran. Tuliskan apa saja yang kamu butuhkan dalam waktu satu bulan dan rencana pemakaian danamu dalam bulan tersebut. Usahakan untuk memangkas pengeluaran dengan mengesampingkan kebutuhan-kebutuhan yang tidak bersifat mendesak. Pangkas juga pengeluaran dalam hal bersenang-senang agar kamu punya dana lebih untuk investasi.

Tentukan Persentase Dana untuk Investasi
Selanjutnya silakan tentukan besar persentase dana yang bisa dipakai untuk investasi. Setelah tahu total pendapatan dan menentukan jumlah pengeluaran, maka kamu tahu sisa dana yang tidak digunakan dan bisa disisihkan untuk investasi. Tentukan besar persentasenya dan pastikan kamu bisa memenuhi angka tersebut setiap bulan untuk diinvestasikan.

Harus Ada Paksaan untuk Konsisten
Ingat, investasi membutuhkan konsistensi. Kamu harus konsisten dalam mengalokasikan uangmu untuk kebutuhan investasi. Bahkan kalau bisa kamu harus memaksa dirimu sendiri untuk berinvestasi. Paksa dirimu untuk meluangkan dana sesuai persentase yang sudah direncanakan tadi. Jika perlu kamu harus berhemat sebisa mungkin agar dapat berinvestasi.

Demi bisa konsisten berinvestasi maka kamu memang harus punya niat besar terlebih dahulu. Jika sudah ada dananya maka langsung pilih jenis investasi yang tepat. Investasi Reksadana saham dapat menjadi pilihan terbaik untukmu agar kamu bisa mendapatkan passive income yang menjanjikan dan menguntungkan.

Ayo Investasi Sekarang Juga bersama digibank by DBS!
Segera mulai langkah investasimu sekarang juga tanpa menunggu lebih lama. Semakin awal kamu memulai maka investasi ini akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Khususnya untuk tipe instrumen Reksadana yang kini bisa diakses dengan mudah lewat digibank by DBS. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi Reksadana di layanan bank ini.

Bagi kamu yang masih pemula dan tak ingin mengeluarkan dana dalam jumlah besar, maka kamu bisa memilih berinvestasi di Reksadana. Khususnya Reksadana saham karena modalnya tak besar dan kamu bisa mempercayakan pengelolaan dana pada manajer investasi. Apalagi jika kamu melakukan investasi ini di digibank by DBS. Berikut adalah beberapa kelebihan membeli Reksadana di layanan digibank by DBS:

3 Pilihan Reksadana
Di layanan digibank by DBS, kamu akan menemukan 3 pilihan Reksadana dengan kategori yang berbeda. Mulai dari Reksadana dengan kinerja terbaik, terpopuler, serta Reksadana dengan scoring terbaik.

Pembelian Berkala Fleksibel
Proses pembelian Reksadana saham di digibank by DBS sangat fleksibel. Disebut fleksibel karena kamu bisa melakukan pembelian lewat aplikasi mobile. Kamu juga bisa dengan mudah mengubah nominal investasi Reksadana per bulan langsung lewat aplikasi tersebut.

Butuh Modal yang Ringan
Bersama digibank, siapa saja bisa mulai berinvestasi. Kamu bisa membeli aset Reksadana hanya dengan modal sebesar Rp100.000,00. Terbilang ringan dan sangat cocok bagi para pemula.

BACA JUGA: Investor Pasar Modal Bisa Tembus 10 Juta Tahun

Semua Praktis Lewat Aplikasi Mobile
Kamu bisa menikmati kemudahan investasi melalui aplikasi digibank by DBS. Lewat aplikasi mobile ini kamu dapat melakukan jual, beli, dan switch aset dengan mudah sekaligus praktis. Kamu juga dapat mendaftarkan SID atau Single Investor Identification agar bisa melakukan pembelian aset lewat aplikasi tersebut.

Pilihan Lebih dari 50 Produk
Lewat digibank by DBS kamu bisa menemukan lebih dari 50 produk Reksadana. Ini akan membuat kamu lebih leluasa memilih mana aset atau produk investasi yang dirasa paling menguntungkan dan cocok untuk dibeli.

Reksadana saham bersama digibank by DBS akan menjadi pilihan langkah investasi terbaik untukmu. Generasi milenial bisa menjadikan langkah investasi ini untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Jenis investasi ini juga dapat memberi untung optimal karena bebas pajak dan risikonya sangat minim. (*)

Reporter: JP Group