Pro Kepri

5 Tahun Program BSPS, Rehab 2.771 Unit Rumah Tak Layak Huni

Bupati Karimun Aunur Rafiq saat meresmikan salah satu rumah yang selesai di rehab

batampos- Diakhir tahun 2021 lalu, Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan rumah warga di kecamatan Tebing yang telah direhab melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karimun berpesan kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat agar bisa dirawat sebaik mungkin.

” Alhamdulillah, walaupun masih dalam pandemi Covid-19. Kabupaten Karimun, mendapatkan rehab rumah dari Pemerintah Pusat melalui program BSPS,” ungkapnya.

BACA JUGA: Dinas Infokom dan BPBD Damkar Karimun Terpaksa Sewa Kantor

Sementara itu Kepala Bidang Perumahan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukinan dan Kebersihan Karimun Rita Agustina mengatakan, untuk Kabupaten Karimun sendiri pada tahun 2021 ini mendapatkan kuota 421 unit rehab rumah.

” Kalau sistem pengerjaan sendiri seperti tahun-tahun lalu secara swadaya masyarakat. Dan, penerima bantuan program BSPS satu unit rumah Rp20 juta yang dibagi menjadi dua. Rp17.500 juta untuk bahan material dan Rp2.500.000 untuk upah bangunan,” terangnya.

Lanjut Rita lagi, pada tahun 2021 lalu ada enam kecamatan yang mendapatkan program BSPS yaitu kecamatan Buru di Kelurahan Lubuk Puding, Kelurahan Buru, Desa Tanjung Batu Kecil. Kemudian, Kecamatan Tebing di Kelurahan Tebing, Kelurahan Teluk Uma, Desa Pongkar.

Kecamatan Meral Barat berada di Desa Pangke, Kelurahan Pasir Panjang. Kecamatan Meral berada di Kelurahan Sungai Pasir dan Kelurahan Baran Timur. Dan Kecamatan Karimun, di Kelurahan Sungai Lakam Barat dan Kecamatan Kundur di Kelurahan Tanjung Batu Barat.

” Kabupaten Karimun, selama lima tahun sejak tahun 2017 hingga 2021 lalu telah menyelesaikan rehab rumah mencapai 2.771 unit yang tersebar di 12 kecamatan,” katanya.

Sedangkan, pada tahun 2022 ini pihaknya juga telah mengusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Kepri sebanyak 3.806 unit yang terdapat di 11 kecamatan 50 desa/kelurahan se kabupaten Karimun.

” Hanya kecamatan Kundur yang tidak melakukan entry dari Kelurahan. Sebab, usulan harus menggunakan data by name by address ke Pusat,” terangnya. (*)

Reporter: Tri Haryono