Pro Kepri

Ada 50 Titik Parkir Baru yang Potensial, Dishub Kembali Naikkan Target Retribusi Parkir Jadi Rp 1,4 Miliar

Seorang pemilik kendaraan membayar parkir ke juru parkir di Jalan Pramuka, belum lama ini. F. Peri Irawan

batampos- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang kembali menaikkan target pendapatan retribusi parkir untuk 2022 sebesar Rp 1,4 miliar dengan mengandalkan 50 titik parkir baru yang berpotensial untuk dikembangkan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Perparkiran Dishub Kota Tanjungpinang, Tedy Kushindartono menjelaskan untuk 2022 pihaknya kembali meningkatkan target retribusi parkir menjadi Rp 1,4 miliar sama seperti target 2020 dan 2019 lalu. Namun target itu juga tergantung situasi pandemi di Tanjungpinang.

BACA JUGA: Demi Target PAD, Dishub Naikkan Setoran Juru Parkir

“Selain pandemi, faktor cuaca juga berpengaruh terhadap capaian parkir, saat musim hujan aktivitas masyarakat di luar rumah juga lebih sedikit,” kata Tedy, Rabu (12/1).

Dijelaskan Tedy, alasannya menaikkan target di 2022 itu karena pihaknya terus mencari peluang tempat parkir baru yang berpotensi. Dalam pendataannya terdapat 50 peluang tempat parkir baru yang akan mendorong pendapatan parkir di tahun 2022.

“50 tempat baru itu selama ini memang belum pernah ada pengelolaan pajak dan parkirnya,”ujarnya.

Tedy menjelaskan hingga 31 Desember 2021 total pendapatan retribusi parkir mencapai Rp 1,1 miliar lebih atau sekitar 92,8 persen, angka itu tidak mencapai target yang sudah ditetapkan yaitu Rp 1,2 miliar.

Meski tercapai 92,8 persen, capaian itu dinilai sudah sangat bagus karena berada di situasi pandemi covid-19.

“Pencapaian ini sudah cukup bagus karena pada masa pandemi covid-19, hanya tersisa 7,2 persen saja,” kata Tedy.

Penurunan pendapatan retribusi parkir terjadi sekitar bulan Februari 2021 saat situasi pandemi mengalami peningkatan drastis. Penerimaan saat itu jauh di bawah rata-rata bulan lainnya. “Tahun ini lebih tinggi dibanding 2020 dengan capaian Rp 1 miliar lebih sedikit,”ucapnya. (*)

Reporter : Peri Irawan