Metropolis

BTKLPP Batam Terus Lacak Varian Terbaru dari Rombongan PMI

BTKLPP
Petugas BTKLPP Batam saat memeriksa sampel covid beberapa waktu lalu. F.Dalil Harahap

batampos – Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam menerima 300-an sampel pemeriksaan Covid-19 dari rombongan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dikarantina di Rusunawa Badan Pengusahaan (BP) dan Pemko Batam setiap hari. Sebagian sampel ini dinyatakan positif Covid-19 sehingga butuh penanganan lebih lanjut agar tidak menjadi cluster terbaru di Tanah Air.

Kepala BTKLPP Batam Budi Santosa menyebutkan, ada sepuluh hingga belasan sampel yang dinyatakan positif setiap kali periksa. Sampel-sampel yang positif ini diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui jenis atau varian yang dibawa masuk.

Proses pemeriksaan lanjutan ini dimulai dengan pemeriksaan polymerase chain reaction dengan metode S-gene target failure (SGTF). Pemeriksaan ini dilakukan di BTKLPP juga. Selanjutnya ada pemeriksaan sistem whole genome sequencing (WGS) untuk mendeteksi varian virus Corona yang dilakukan di Litbang kesehatan di Jakarta.

“Sejauh ini belum ada varian omicron yang dijumpai. Yang ada baru varian Delta dan Apha,” ujarnya.

Sementara data dari lokasi karantina PMI yang dikarantina hingga Kamis (13/1), masih ada 1.293 orang. Mereka masih menunggu hasil swab kedua sehingga belum bisa pastikan apakah bebas dari Covid-19 atau tidak. (*)

Reporter: Eusebius Sara