Pro Kepri

CSR Premier Oil dan Medco Energi Bangun Taman Migas di Dompak, Dilengkapi Tempat UMKM Berjualan

batampos-Taman Migas Dompak, Tanjungpinang akan menambah warna di Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri. Infrastruktur yang dibangun lewat program Corporate Social Responsibility (CSR) akan segera diserahterima dari SKK Migas ke Pemprov Kepri. “Apabila tidak ada halangan, pada Februari 2022 nanti sudah difungsikan. Karena pada 17 Januari 2022 dijadwalkan proses serahterimanya,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dompak, Handoko, kemarin di Tanjungpinang.

BACA JUGA: Pemko Tanjungpinang Salurkan CSR Bank Riau Kepri Syariah

Menurutnya, dengan difungsikannya Taman Migas itu nanti, akan memberikan manfaat ganda tentunya. Karena bukan hanya sebagai taman untuk rekreasi. Namun juga akan dilengkapi dengan kawasan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang saat ini sedang berjualan di sekitar Tugu Logo Pemprov Kepri.

Taman Migas Dompak, Tanjungpinang

“Para pedagang disana akan kita tata nanti. Sehingga lebih rapi, dan tidak ada aktivitas berjualan disepanjang jalan yang berada disekitar Tugu Logo Pemprov dan Taman Migas,” jelas Handoko.

Peletakan batu pertama pembangunan taman tersebut sudah dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri waktu itu, TS. Arif Fadillah. Tepatnya pada 8 Februari 2021 lalu. Manajer Administrasi Keuangan SKK Migas Supriyono yang turun ke lokasi pada waktu pelatakan batu pertama mengatakan, nantinya taman ini akan dilengkapi beberapa fasilitas yakni arena permainan anak, jogging track, spot foto logo SKK Migas. Kemudian, spot foto tanjak, amphitheater, serta lokasi parkir dan toilet.

“Alokasi anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk pembangunan taman tersebut berasal dari dua perusahaan migas yang beroperasi di Natuna dan Anambas. Kedua perusahaan itu yakni Medco Energi dan Premier Oil. Untuk pembangunannya ditargetkan selesai di akhir Desember 2021 ini,” ujarnya.

Penjajakan untuk pembangunan Taman Migas ini sudah dilakukan pihaknya sejak Agustus 2018 lalu oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral. Kemudian pada April 2019, SKK Migas bersama dengan Premier Oil dan Medco Energi menyambut rencana Pembangunan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan berkomitmen untuk berperan dalam pembangunan Provinsi Kepulauan Riau terutama dalam pembangunan Pulau Dompak.

Berikutnya, pada Agustus 2019 SKK Migas, Premier Oil dan Medco Energi memutuskan untuk membantu pembuatan taman di Pulau Dompak dari beberapa lokasi usulan Dinas ESDM yang bekerjasama dengan Bapeda dan UPT Pengelolaan Pulau Dompak. (*)

Reporter: Jailani