Pro Kepri

Hari Pertama Pelaksanaan Vaksin Booster di Tanjungpinang, Target 2.500 Sasaran

Kadinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Elfiani Sandri. F. Peri Iraw

batampos– Vaksinasi covid-19 dosis ketiga atau booster untuk sasaran usia di atas 18 tahun di Tanjungpinang mulai dibuka. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Elfiani Sandri menjelaskan, saat ini serentak di semua kabupaten kota se-Kepri melaksanakan vaksinasi dosis ketiga untuk non tenaga kesehatan (Nakes).

“Sesuai arahan presiden dan menteri kesehatan juga sudah ada petunjuk teknisnya, maka sudah bisa dibuka,” kata Sandri di RSUD Tanjungpinang, Kamis (13/1).

BACA JUGA: Pergi Bawa PMI Ilegal, Pulang Bawa Narkoba, Acing Fasilitasi Sindikat Narkoba Internasional

Pada hari pertama pencanangan itu, tidak hanya di RSUD Tanjungpinang, melainkan juga dilaksanakan di beberapa fasilitas kesehatan (Faskes) lainnya seperti tujuh puskesmas se-Kota Tanjungpinang, Klinik Pratama Gubernur, Klinik Kartika, Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dan Klinik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Target keseluruhan hari ini 2.500-3.500, sasaran dari seluruh sentra vaksin,”ujarnya.

Untuk vaksinasi dosis ketiga itu, dijelaskan Sandri memang ada persyaratan khusus, yaitu jarak dengan vaksinasi kedua minimal 6 bulan sebelumnya, untuk sasarannya adalah kelompok usia di atas 18 tahun dan kelompok lanjut usia (Lansia).

“Bagi masyarakat yang merasa sudah memenuhi syarat bisa datang ke tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan sertifikat vaksin,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang berdomisili di Jalan Soekarno Hatta, Muhidin untuk alasan kesehatan, vaksinasi dosis ketiga itu sangat bagus karena untuk dosis pertama dan kedua yang diikuti sebelumnya ia merasa mendapat efek yang baik.

“Lebih bagus kita ikut vaksin ke tiga untuk menangkis omicron, saya rasa untuk sehat baguslah,” kata Muhidin. (*)

 

Reporter : Peri Irawan