Pro Kepri

Kelompok Wanita Tani Keban Binaan Muhamad Helmi Berhasil Budidaya Sayuran di Lahan Bauksit

Muhammad Helmi penyuluh pertanian foto bersama kelompok wanita tani maju bersama desa Keban kecamatan Moro saat panen sayur perdana

batampos- Kelompok wanita tani Maju Bersama Keban, desa Keban, Kecamatan Moro binaan Muhammad Helmi, penyuluh pertanian Karimun berhasil budidaya tanaman sayuran di lahan Bauksit. Tak tanggung-tanggung sayuran yang dihasilkan di lahan seluas 5 meter x 80 centi meter pada panen perdana mencapai 170 kilogram dari 150 kilogram yang ditargetkan.

BACA JUGA: Ansar Plot Sektor Pertanian Salah Satu Motor Penggerak Ekonomi Kepri

Saat ditemui Muhammad Helmi alumni sarjana pertanian mengaku bersyukur budidaya tanaman sayuran yang ia rintis bersama kelompok wanita tani maju bersama desa Keban mulai berhasil. Meskipun pada awalnya banyak yang pesimis jika yang dikerjakan bakal berhasil. Namun berkat kerja keras dan bantuan pemerintahan pusat dan dinas pertanian kabupaten Karimun serta desa setempat sekarang sudah berhasil.

ibu-ibu kelompok wanita tani maju bersama desa Keban kecamatan Moro bersama Muhammad Helmi saat mengolah lahan Bauksit

“Alhamdulillah dulu lahan Bauksit gersang dan tandus sekarang bisa menghasilkan ratusan kilogram sayuran,”ujar Helmi.

Lebih lanjut dikatakan keberhasilan tanaman sayuran karena keteguhan Aminah ketua kelompok wanita tani maju bersama Keban dan seluruh ibu-ibu anggota kelompok. Saat ini sedang mengolah lahan yang berbatu dengan menanam sayuran di 20 kotak hidroponik. Seluruh perlengkapan hidroponik dengan anggaran pribadi. Menurut Helmi keluhanya hanya satu mahalnya harga pupuk kimia maupun pupuk organik di kecamatan Moro. (*)

Reporter: Imam Sukarno