Metropolis

Maling Kabel Jaringan Senilai Rp 70 Juta, Pria di Sagulung Dibekuk Polisi

Borgol hukum
Ilustrasi. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

batampos – Polsek Sagulung membekuk seorang pria yang maling kabel jaringan pada sebuah tower telekomunikasi di Kelurahan Seilangkai. Pria berinisial Ju, 37 tahun ini dibekuk berdasarkan petunjuk rekaman CCTv tower.

Saat dilakukan pengembangan ternyata dia sudah dua kali melakukan aksi pencurian di tempat yang sama. Total nilai kabel yang dimaling mencapai Rp 70 juta.

“Orang tower lihat kabel banyak yang dipotong. Lihat CCTv memang ada orang masuk motong kabel-kabel tower itu. Dua kali malah. Orang PT (pemilik tower) lapor ke polsek dan kita bekuk pelaku berdasarkan petunjuk rekaman CCTv tadi,” ujar Kapolsek Sagulung IPTU M Darma Ardiyaniki, Kamis (13/1).

Aksi pencurian terakhir terjadi pada Senin (10/1) lalu. Pelaku masuk seorang diri ke dalam tower dengan membawa perlengkapan untuk memotong kabel. Saat menjalankan aksinya pelaku memang menggunakan penutup wajah namun tetap dikenali polisi.

Atas perbuatannya itu pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pidana maksimal 7 tahun penjara.

“Pelaku menyesali perbuatannya itu. Dia mencuri katanya karena terdesak kebutuhan ekonomi, ” ujar Kanit Reskrim Iptu Muharka. (*)

Reporter : Eusebius Sara