Pro Kepri

Mirisnya, Lahan Makam TPU Kamboja Tinggal Sisa Dekat Batu Miring

Lahan makam yang tersisa di batu miring dekat masjid di TPU Kamboja yang terletak di RT 003 / RW 001, Kampung Kamboja, Kelurahan Tanjunguban Selatan, Kecamatan Bintan Utara. F.Slamet

batampos- Lahan pemakaman muslim di tempat pemakaman umum (TPU) Kamboja yang berlokasi di RT 003 / RW 001, Kampung Kamboja, Kelurahan Tanjunguban Selatan, Kecamatan Bintan Utara semakin sempit. Hanya tersisa lahan pemakaman di dekat batu miring Masjid Raya Baitul Makmur, Tanjunguban.

BACA JUGA: Harlah ke-49 , PPP Tanjungpinang ke Berikan Perhatian ke Petugas Pemakaman

Seorang tokoh pemuda, Miswanto mengatakan, masalah lahan makam di Tanjunguban sudah sangat mendesak. Soalnya, lahan makam di TPU Kamboja sudah menyempit sehingga tidak layak lagi menjadi lahan pemakaman.

“Lahan makam TPU Kamboja sudah over kapasitas. Yang tersisa hanya lahan kosong di dekat batu miring. Sudah tidak memadai lagi kalau ada jenazah mau dimakamkan di sana,” kata Miswanto.

Selain itu, masih kata Miswanto, TPU Kamboja tidak layak lagi dijadikan pemakaman umum karena jenazah yang akan dimakamkan tidak lagi bisa menghadap kiblat sebagaimana digariskan dalam Islam dikarenakan terbatasnya lahan.

Melihat hal ini, Miswanto berharap kepada pemangku jabatan agar dapat fokus memberikan fasilitas pemakamam umum di Kecamatan Bintan Utara karena lahan TPU yang ada sudah semakin sempit.

Miswanto juga meminta anggota dewan dapat mengusulkan ke pemerintah daerah sehingga dapat diteruskan ke pemerintah provinsi. “Kalau perlu lakukan pengecekan langsung agar tau kondisi makam dan kebutuhannya,” harap Miswanto.

Sekcam Bintan Utara, Tasriadi mengatakan, pihaknya sudah mengajukan pinjam pakai lahan di kawasan hutan untuk lahan pemakaman, namun sejauh ini masih dalam proses.

“Kita sudah tanyakan ke Dinas Kehutanan Provinsi Kepri, namun masih dalam proses dan dalam waktu dekat,” kata Tasriadi. (*)

 

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO