Metropolis

Penumpang Hang Nadim Meningkat, Industri Penerbangan Bangkit Kembali

Bandara Hang Nadim Batam 1 F Cecep Mulyana
Ilustrasi. Aktivitas di Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

batampos – Industri penerbangan mulai perlahan-lahan bangkit kembali. Berbagai faktor yang mengindikasi bangkitnya industri penerbangan, salah satunya jumlah penumpang yang semakin meningkat. Di Bandara Internasional Hang Nadim geliat industri penerbangan terlihat.

Sebelumnya jumlah penumpang Hang Nadim mencapai titik terendah, hanya ratusan orang per harinya yang lalu lalang. Namun, kini rata-rata 8 ribu orang penumpang yang datang dan pergi melalui Bandara Hang Nadim.

Pasang surut jumlah penumpang ini disebabkan kondisi pandemi di Indonesia. Selain itu juga disebabkan syarat penerbangan yang dinilai cukup memberatkan para penumpang. Sehingga menurunkan jumlah penumpang.

“Sekarang sudah bisa gunakan antigen saja. Kami optimis dan siap menyambut 2022 dengan kondisi lebih baik,” kata General Manager Bandara Hang Nadim, Bambang Soepriono, Rabu (12/1).

Ia mengatakan peningkatan jumlah penumpang ini mulai terlihat sejak tidak diwajibkan lagi pemeriksaan PCR. Sehingga animo penumpang menggunakan moda transportasi udara menjadi meningkat.

Saat pemeriksaan PCR masih wajib, dan biaya pemeriksaan sekitaran Rp 900 ribuan. Menyebabkan banyak masyarakat mengurungkan niat melakukan perjalanan, sehingga memberikan dampak besar terhadap industri penerbangan.

Bambang menyadari bahwa pengetatan syarat penerbangan beberapa waktu lalu, demi menghambat penyebaran Covid-19. Saat ini, kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya Kepri sudah melandai.
Ia berharap industri penerbangan bisa segera pulih. Ia mengatakan industri penerbangan, sangat memberikan dampak luas terhadap berbagai sektor seperti UMKM dan pariwisata.

“Semoga pandemi ini segera berlalu, sehingga ekonomi bisa pulih, bisnis meningkat lagi. Covid-19 hilang, semua bisa berusaha kembali,” ucapnya.

Bambang mengatakan untuk dapat meringankan beban para tenan di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim, tetap memberlaku diskon. Tahun 2021 diskon diberlakukan 70 persen untuk seluruh tenan. Namun, tahun diskon diberlakukan paling tinggi 50 persen. Namun, ada kategori-kategori tenan yang dapat diskon hingga 50 persen. (*)

 

Reporter: FISKA UANDA