Ekonomi & Bisnis

Belanja Produk Kecantikan & Fashion, Gerai Offline & Online Jadi Andalan

ILUSTRASI: SPG menunjukkan aneka produk kosmetik Wardah di Matahari, One Mall Batam, Sabtu 8 Januari 2022, F Suprizal Tanjung, Batam Pos

batampos – Pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat Indonesia. Di dunia kecantikan, produsen dan label tetap berusaha menarik minat kaum hawa untuk berbelanja. Tak hanya offline, online juga menjadi andalan.

Pendiri label Sophie Paris dan BrunBrun Paris Bruno Hasson berusaha melakukan strategi bisnis dan restrukturisasi jaringan bisnis fashion dan kecantikan miliknya. Pada 2020, Bruno sekaligus mendirikan tiga perusahaan baru guna mendukung realisasi membangun ekosistem online-to-offline (O2O) commerce yang terintegrasi secara menyeluruh.

“Datangnya pandemi mendorong kami untuk berpikir lebih jauh dari sekedar evolusi bisnis melalui transformasi digital, namun revolusi dalam cara kita berbisnis,” katanya kepada wartawan di Jakarta baru-baru ini.

Menurut Bruno, tantangan yang dihadapi bisnis ritel kecantikan sejak pandemi cukup ketat. Namun pihaknya beradaptasi dengan mengandalkan gerai offline dan belanja daring untuk penuhi kebutuhan penampilan masyarakat Indonesia.

“Strategi ini diambil karena kami yakin bahwa meskipun tren belanja online meningkat, masyarakat masih membutuhkan pengalaman offline sejalan dengan strategi bisnis kami menciptakan online to offline (O2O) commerce yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menghilangkan batasan antara online dan offline,” kata Bruno.

BACA JUGA: Aplikasi IPOT EZ Bikin Investasi Saham Semudah Belanja Online

Berikut adalah 3 jenis produk kecantikan yang paling banyak diburu perempuan. Apa saja?

1. Skin Care
Skin care juga paling banyak diburu selama pandemi. Bahkan data Sistersel menyebutkan, kaum hawa lebih memilih membeli skin care dibanding makeup selama pandemi sebab wajah masih tertutup masker.

2. Makeup
Makeup yang selalu saja menjadi andalan perempuan adalah lipstik, eyeliner, dan maskara. Bahkan saat ini penggunaan lipstik krim dan blushon krim juga makin banyak digemari.

3. Tas
Tas ukuran apapun saat ini laris. Apalagi di masa new normal life di mana semua orang sudah mulai kembali masuk kerja, tas untuk dipakai ke kantor dengan warna basic juga menjadi andalan. (*)

Reporter: JP Group