Metropolis

Cepat atau Lambat, Omicron Akan Masuk Kepri

Kadiskes Kepri M Bisri e1631265675187
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, M Bisri. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

batampos – Pakar Epidemiolog memprediksi Covid-19 varian omicron akan menjadi penyebab gelombang ketiga di Indonesia. Diprediksi akan terjadi di Februari dan Maret. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, M Bisri mengaku sudah mengetahui prediksi ini. Ia pun tidak menampik, kedatangan varian ini di tengah-tengah masyarakat Kepri.

“Sekarang itu, jangan berpikir varian ini tidak akan datang. Sudah tidak zamannya lagi. Sebab cepat atau lambat varian ini akan masuk ke Kepri,” kata dia, Kamis (13/1).

Ia mengatakan yang perlu dilakukan masyarakat Kepri adalah memperketat penerapan protokol kesehatan. Ia mengatakan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, sudah membantu untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Cara ini dinilai juga cukup efektif, dengan Omicron yang diklaim lebih menular dibandingkan varian lainnya.

“Masyarakat juga perlu memperhatikan, jangan berpergian ke tempat lain jika tidak mendesak atau keperluan penting. Saat ini di Jakarta sudah ratusan kasus omicron terkonfirmasi, sehingga ada kemungkinan akan masuk ke Kepri,” ujarnya.

Bisri juga menyorot masyarakat yang berpergian ke negara yang sedang tinggi kasus omicronnya seperti Turki. “Sudah tahu kasus omicron di sana ramai, malah ramai ke sana,” ujarnya.

Ia mengatakan dari data BTKLPP, varian omicron belum terkonfirmasi ada di Kepri. “Walaupun begitu, seperti saya sebutkan tadi. Pasti akan masuk ke Kepri,” ucapnya.

Sejauh ini, sejauh ini vaksin masih efektif menghadapi varian omicron. Namun, Bisri mengingatkan vaksin bukanlah membuat kebal masyarakat, tapi hanya meningkatkan imunitas.

“Vaksin ini membuat imun naik, seharusnya begitu terjangkit virus dan gejala dirasakan menjadi sedang hingga berat. Namun dengan vaksin, masyarakat hanya mengalami gejala ringan atau bahkan tanpa gejala,” tuturnya. (*)

 

Reporter: FISKA JUANDA