Pro Kepri

Covid Belum Sepenuhnya Terkendali, Kepri Belum PTM 100 Persen

Plt Kadisdik Kepri,Darson

batampos-Pemerintah Provinsi Kepri lewat Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri belum membuat keputusan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen dalam waktu dekat ini. Pasalnya Covid-19 di Provinsi Kepri masih belum terkendali sepenuhnya.

BACA JUGA: Tanjungpinang Belum Bisa Laksanakan PTM 100 Persen 

“Belum kita putuskan tentang PTM 100 persen di Provinsi Kepri. Karena masih ada beberapa pertimbangan tentunya, salah satunya adalah penyebaran Covid-19 yang belum sepenuhnya terkendali,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Darson, Kamis (13/1).

Mantan Kepala SMA Negeri 4 Tanjungpinang tersebut menjelaskan, Kepri memang masuk dalam kriteria wilayah yang diperbolehkan melaksanakan PTM 100 persen. Namun pihaknya tidak mau terburu-buru. Ditegaskannya, langkah ini dilakukan pihaknya sebagai bentuk antisipasi agar penyebaran virus Covid-19 tidak terjadi di sekolah.

“Kita tidak mau terlalu bereuforia dulu. Keputusan itu kami ambil setelah melihat hasil evaluasi PTM terbatas tahun lalu, dan melihat perkembangan Omicron,” jelasnya.

Menurutnya, keputusan itu, diambil berdasarkan masukkan serta pertimbangan dari beberapa pihak. Selain itu, Satgas Covid-19 Pusat juga telah beberapa kali mengimbau kepada Pemprov Kepri, untuk selalu waspada terhadap penyebaran virus Covid-19 di awal tahun ini.

“Maka dengan itu Dinas Pendidikan belum mau mengambil sikap untuk melaksanakan PTM 100 persen,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya, dengan adanya keputusan itu, maka untuk di tahun 2022 ini seluruh sekolah SMA/SMK di Provinsi Kepri masih akan menggunakan sistem PTM sebanyak 50 persen. Namun jika memang kondisi sudah benar-benar tekendali, tidak menutup kemungkin PTM 100 persen segera diterapkan.

“Tentunya kita melihat situasi dan perkembangan Covid-19 di Provinsi Kepri. Jika benar-benar terkendali, maka PTM 100 persen akan dipertimbangkan,” tutupnya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan masih mempertimbangkan untuk memberikan persetujuan PTM 100 persen di Provinsi Kepri. Menurutnya, pihaknya tentu akan menunggu instruksi dari Pemerintah Pusat. “ Belum kita putuskan PTM 100 persen. Masih melihat kondisi beberapa waktu kedepan,” ujar Gubernur Ansar. (*)

Reporter: Jailani