Metropolis

Dua Rumah Terbakar Gegara Anak-Anak Bakar Sampah

Kebakaran Rumah Dalil Harahap1212 scaled e1642136325300
Petugas Pemadam kebakaaran dari BP Batam berusaha memadamkan sisa api yang melalap 2 unit rumah kosong di perumahan Marina Green, Tanjunguncang, Batuaji, Kamis (13/1). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos – Dua unit rumah di perumahan Marina Green, Kelurahan Tanjunguncang, Batuaji terbakar, Kamis (13/1) pagi. Tidak ada korban jiwa namun kebakaran ini sebabkan dua rumah terbakar dan rusak parah di bagian belakang.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ujar Ketua RW 18 perumahan Marina Green, Nasrul Koto.

Informasi yang didapat sumber kebakaran berasal dari pembakaran sampah di dalam sebuah rumah kosong. Warga setempat menyebutkan ada anak-anak yang membakar sampah di dapur rumah kosong. Karena sampah yang cukup banyak api akhirnya merambat ke dapur rumah di samping kiri dan kanannya.

Kata dia, saat api membesar anak-anak tersebut langsung kabur. Kemudian lanjutnya, warga yang tinggal bersebelahan dengan rumah kosong tersebut melihat asap tebal langsung berteriak minta tolong.

“Anak-anak tadi kabur. Warga kaget api sudah membesar. Asap juga mengepul tebal, ” ujar

Mendengar teriakan tersebut, warga langsung berinisiatif memadamkan api dengan peralatan seadanya. Api berhasil dijinakkan sehingga api tidak hanguskan seluruh isi kedua rumah tadi.

“Setelah itu datang mobil kebakaran memadamkan seluruh bara api, ” kata Nasrul.

Atas kejadian itu, Nasrul berharap agar masyarakat tidak lagi membakar sampah sembarangan. Aktifitas anak-anak di lingkungan perumahan diperhatikan dengan baik agar tidak menjadi musibah bagi masyarakat umum.

Lurah Tanjunguncang, Tengku Akbar, juga mengimbau agar para orangtua mengawasi anak-anaknya saat bermain.

“Jangan sampai bermain api. Apalagi saat ini cuaca tidak menentu kadang panas dan angin kencang. Sangat mudah terjadi kebakaran. Dari puntung rokok saja bisa terjadi kebakaran. Apalagi sampai bakar-bakar seperti ini,” tuturnya.

Ia juga meminta perangkat RT-RW untuk mendata rumah-rumah kosong yang sudah lama ditinggal pemiliknya. Sehingga dapat pengawasannya dapat diperketat.

Ia juga mengapresiasi tindakan cepat yang diambil oleh ibu-ibu perumahan Marina Green.

“Coba bila tadi ibu-ibu tidak sigap menyiram api tersebut. Bisa bisa satu blok ini terbakar dan memakan korban jiwa. Terima kasih ibu-ibu,” ujarnya.

Pada peristiwa tersebut satu unit mobil pemadam kebakaran dari BP Batam dikerahkan ke lokasi untuk mengatasi api agar tidak membesar. (*)

 

Reporter : Dalil Harahap/Eusebius Sara