Internasional

Modernisasi Alutsista, Thailand Beli 4 Unit Jet Tempur F-35

Parade militer dengan jet tempur melintasi langit Saraburi, Thailand, 18 Januari 2020 lalu. Thailand akan memodernisasi alutsista jet tempurnya dengan mengganti F-16 ke F35 pada tahun anggaran 2023 mendatang. ( F Soe Zeya Tun/Reuters)

batampos – Kabinet Thailand menyetujui kebijakan memodernisasi Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) militer di negeri itu. Mereka akan membeli empat unit jet tempur canggih, F-35 untuk menggantikan pesawat tempur F-16 yang sebelumnya Angkatan Udara (AU) mereka gunakan.

BACA JUGA:
Warga Thailand Demonstrasi Tuntut Reformasi Kerajaan

Pengadaan empat unit jet tempur F-35 ini telah masuk ke anggaran tahun fiskal 2023 mendatang. Dimana, nilainya mencapai 13,8 miliar Baht atau setara dengan Rp 6 triliun.

Persetujuan oleh Kabinet Kerajaan Thailand ini menyusul pernyataan Kepala AU Thailand, Marsekal Udara Napadej Dhupatemiya, yang berminat dalam pengadaan delapan jet tempur F-35 dari Lockheed Martin Corp (LMT.N) Amerika Serikat.

Hal itu ia sampaikan kepada kabinet, dan langsung disetujui penganggarannya untuk periode empat tahun mulai tahun fiskal 2023. F-35 itu untuk menggantikan beberapa jet F-16 yang sudah menua,” ujar Juru Bicara AU Thailand, Marsekal Udara Prapas Sornchaidee seperti dilansir dari Reuters, Kamis (13/1/2022).

Thailand saat ini memiliki 12 jet tempur JAS-39 Gripen buatan Saab Swedia (SAABb.ST) dan puluhan jet F-16 dan F-5 buatan Amerika, beberapa di antaranya telah beroperasi sejak akhir 1980-an dan butuh modernisasi.

Napadej bulan lalu menyatakan preferensi untuk pesawat siluman, generasi kelima F-35 karena harganya telah turun sejak pertama kali memasuki pasar. F-35A pertama menelan biaya 221 juta dolar AS pada 2007. tetapi karena jumlah produksi meningkat dan pasar berkurang, harganya turun menjadi sekitar 79 juta dolar AS pada Juli 2021 lalu.

Militer Thailand menjadi yang kedua di Asia Tenggara yang memiliki alutsista F-35, setelah AU Singapura. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak