Pro Kepri

Ribuan Warga Karimun Ikut Vaksinasi Booster

batampos- Pelaksanaan vaksinasi booster atau tahap ketiga bagi masyarakat Kabupaten Karimun yang serentak dilakukan pada Kamis (13/1) berjalan lancar. Hari pertama dimulainya vaksinasi booster sudah mencapai ribuan orang.

BACA JUGA: Ada 3 Syarat untuk Dapat Vaksin Booster Gratis

”Laporan secara lengkap mungkin besok baru ada. Namun, laporan secara singkat sampai dengan dari Kepala Dinas Kesehatan bahwa sampai dengan pukul 15.00 WIB jumlahnya hampir dua ribu orang. Hal ini karena pelaksanaan dilakukan serentak diseluruh UPT Puskesmas, rumah sakit, Polres, Lanal dan Kodim,” ujar Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun, M Firmansyah.

Tim Medis dari Lanal Tanjungbalai Karimun sedang memberikan suntikan vaksinasi booster kepada warga Tanjungbalai Karimun

Dia berharap, target vaksinasi booster hari pertama bisa tercapai. Yakni, sebanyak 2.750 orang yang terdiri dari usia 18 tahun ke atas, lanjut usia dan warga yang rentan. Dan untuk diketahui, meski pelaksanaan vaksinasi massal ini untuk booster, namun bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi dosis satu atau dua tetap bisa dilayani. Sedangkan, bagi masyarakat yang akan mendapatkan vaksinasi booster ketentuannya harus sudah 6 bulan setelah dosis kedua.

”Jenis vaksin yang digunakan sebagai vaksin booster pada hari ini (Kamis, red) adalah Pfizer yang baru diterima pada Rabu (12/1). Sedangkan untuk jenis Moderna kota masih menunggu kiriman dari Provinsi Kepri. Dan, untuk diketahu dosis yang disuntikkan untuk booster ini hanya setengah. Hal ini dikarenakan di dalam tubuh sudah ada dua kali dosis,” ungkapnya.

Dilanjutkan Firmansyah, dengan vaksinasi dosis booster ini, maka akan menambah daya lindung agar terhindar dari terpapar Covid-19. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari tetap harus mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan. (*)

Reporter: Sandi