Pro Kepri

Sehari, Dua Kebakaran Lahan di Bintan 

Petugas Damkar Bintan Timur berupaya memadamkan api yang membakar lahan di Kampung Lengkuas, Kelurahan Kijang Kota, Bintan Timur, Kamis (13/1). F.Damkar Bintan Timur

batampos– Dua kebakaran lahan terjadi di Bintan dalam sehari, Kamis (13/1). Luas lahan yang terbakar dari dua lokasi berbeda mencapai 2,5 hektare. Kebakaran pertama terjadi di lahan seluas setengah hektare di jalan M Taher Latif, Gang Pandawa, Kelurahan Tanjunguban Utara, Kecamatan Bintan Utara sekira pukul 12.30 WIB.

BACA JUGA:  223,5 Hektare Lahan Terbakar Sepanjang 2021 di Tanjunguban, Lobam dan Teluk Sebong

Petugas Damkar Tanjunguban yang menerima laporan dari seorang ketua rukun tetangga langsung bergerak cepat ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api. Dalam 41 menit, api berhasil dipadamkan. Namun belum diketahui sumber api berasal.

Sementara kebakaran kedua terjadi di Kampung Lengkuas, Kelurahan Kijang Kota, Bintan Timur.

Kepala UPT Damkar Bintan Timur, Nurwendi mengatakan, laporan kebakaran diterima petugasnya dari seorang warga sekira pukul 18.00 WIB.

Petugasnya yang berada di kantor langsung bergerak ke lokasi kebakaran. Tidak hanya petugas Damkar, kata Nurwendi, anggota dari Polsek Bintan Timur juga turun membantu memadamkan api.

“Ada tim satgas karhutla dari Polsek Bintan Timur yang juga turun membantu memadamkan api,” kata Nurwendi. Nurwendi mengatakan, dalam dua jam api berhasil dipadamkan. Akibat kebakaran ini menghanguskan sekira 2 hektare lahan.

Nurwendi mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan dibakar pada musim kemarau dan angin saat ini karena dapat membuat api cepat merembet. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO