Pro Kepri

Kopdar Kepri Tidak Ingin Lagi Mendengar Ada Pasien Kesulitan Mendapatkan Darah

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menemui pengurus Kopdar Kepri di Ruang Rapat Bapelitbang, Selasa (18/1). F.Diskominfo Bintan

batampos- Komunitas Pendonor Darah atau disingkat dengan nama Kopdar Kepulauan Riau (Kepri) baru berjalan kurang lebih setahun. Namun, sudah banyak aksi sosial yang mereka lakukan untuk membantu masyarakat.

Sejak awal berjalan, tujuan mulianya adalah ingin memastikan stok darah selalu tersedia khususnya bagi pasien yang membutuhkan darah.

BACA JUGA: Apresiasi Perjuangan Ibu, Roby Kurniawan Ikut Donor Darah di Hari Ibu

“Kami kalau memungkinkan tidak ingin lagi mendengar ada pasien yang membutuhkan darah namun kesulitan mendapatkan darah,” ungkap Ketua Kopdar Kepri, Ani.

Ani merasa sedih jika mendengar pasien yang membutuhkan darah harus sampai membayar pendonor. “Sedih, baru semalam ada pasien yang harus membayar pendonor,” ujar Ani.

Ani sangat berharap kehadiran Kopdar Kepri terus memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya pasien yang membutuhkan darah.

Kopdar Kepri pun, kata Ani, tidak akan lelah untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa donor darah memiliki beragam manfaat.

“Jangan salah, mendonorkan darah manfaatnya tidak hanya untuk orang lain namun bagi diri sendiri,” kata Ani.

Kemudian, Ani juga mengatakan, Kopdar Kepri telah melakukan dua kegiatan besar. “Jadi setiap kegiatan kami mampu mengumpulkan lebih dari 200 kantong darah,” kata Ani.

Ke depannya, Ani mengatakan, Kopdar Kepri akan mengadakan kegiatan serupa yang ketiga di Gedung LAM Bintan.

Selain itu, ke depannya, masih kata Ani, Kopdar Kepri ingin melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk anak-anak di usia produktif agar mau mendonorkan darahnya kelak.

Kepala Dinas Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan, di Bintan sendiri, khusus untuk RSUD Bintan, penggunaan darah setiap bulannya mencapai 50 hingga 60 kantor darah.

Plt. Bupati Bintan Roby Kurniawan menerima kehadiran Kopdar Kepri di Ruang Rapat Bapelitbang, Selasa (18/1) menyambut baik niat mulai dari upaya yang ingin dilakukan dan siap mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Pemerintah siap mendukung sesuai dengan kemampuan. Pada prinsipnya, tujuan mulia ini kami siap mendukung karena hasil akhirnya memberi manfaat bagi masyarakat,” kata Roby. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO