Metropolis

Ibu Hamil dan Anak Kecil Ikut Berdesakan Demi Minyak Goreng Murah

Operasi Pasar Minyak Goreng 4 F Cedcep Mulyana scaled e1642686781987
Warga antri saat membeli minyak goreng pada operasi pasar minyak goreng yang digelar oleh Disperndag kota Batam di fasum Villa Pesona Asri BatamkotaKamis (20/1). pada operasi pasar tersebut minyak yang dijual dengan harga 10.000 perliternya. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos- Ratusan warga yang didominasi kaum ibu berdesakan demi mendapatkan minyak goreng murah seharga Rp 10 ribu perliter. Diantaranya banyak yang membawa balita hingga dalam kondisi hamil.

Pantauan  di lapangan, para ibu telah memadati fasum Pesona Asri, Batamcenter sebelum jadwal operasi pasar. Dimana jadwal operasi pasar dimulai pukul 14.00-17.00 WIB.
Kondisi cuaca yang sempat terik, tiba-tiba gerimis. Warga pun langsung berteriak agar minyak goreng cepat disalurkan. Apalagi tenda untuk operasi pasar hanya 1. Namun panitia meminta bersabar, karena menunggu kedatangan Wakil Walikota Batam, Amsakar Acmad.
Sekitar pukul 14.15 WIB, akhirnya Wawako datang dan langsung membuka operasi pasar. Ia berharap warga bisa merasakan manfaat dari program subsidi minyak goreng murah dari pemerintah pusat. Apalagi, untuk kali ini minyak goreng disubsidi lagi oleh Pemko dan Distributor menjadi Rp 10 ribu
Anita, warga Batamcenter mengaku datang ke lokasi sejak pukul 13.30 WIB. Ia sengaja datang lebih awal, agar bisa mendapat minyak goreng murah lebih cepat.
 “Alhamdulillah bisa dapat minyak goreng Rp 10 ribu perliter. Cuma kesalnya tadi, lama kali dimulai,” jelasnya.
Novia warga Nongsa yang tengah hamil 7 bulan, rela berdesakan demi minyak goreng tersebut. Ditengah berdesakan, ia juga membawa balita berusia 2 tahun.  “Ya mau gimana lagi, demi minyak goreng murah. Ditinggal di rumah, tak ada yang jaga,” imbuhnya.
Menurutnya, selama tiga bulan terakhir ia harus rela mengeluarkan budget lebih akibat harga minyak goreng tinggi. Karena itu, saat mendengar ada operasi pasar minyal goreng murah, ia pun lenagsung bergegas.
“Bagi kami, beda sekian ribu ini luarbiasa. Selama ini beli perliter Rp 19 ribu, ini dapatnya Rp 10 ribu, lumayan jauh dan bisa untuk kebutuhan lain,” jelasnya.
Operasi Pasar Minyak Goreng 5 F Cedcep Mulyana scaled e1642686890842
Warga antri saat membeli minyak goreng pada operasi pasar minyak goreng yang digelar oleh Disperndag kota Batam di fasum Villa Pesona Asri BatamkotaKamis (20/1). pada operasi pasar tersebut minyak yang dijual dengan harga 10.000 perliternya. F Cecep Mulyana/Batam Pos

Sementara Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau mengatakan untuk operasi pasar ke 3 ini, pihaknya menghabiskan stok minyak goreng. Dimana ada 6.000 liter minyak goreng yang untuk setiap warga hanya dapat 4 liter.

“Setiap warga cuma dapat maksimal 4 liter. Agar warga tak berulang, setiap mereka kita pakaikan tinta kayak pemilu,” jelas Gustian.
Menurut dia, harga minyak goreng Rp 10 ribu perliter disubsidi Pemko Batam dan produsen minyak. Sehingga harga bisa lebih murah dari harga yang ditetapkan pemerintah yakni Rp 14 ribu. “Semoga minyak goreng ini bermanfaay bagi masyarakat. Yang kami salurkan ini adalah stok terakhir,” jelas Gustian. (*)
Reporter : Yashinta