Metropolis

Penyerang Ustaz Abu Syahid Dituntut 1 Tahun Penjara

pelaku penyerangan ustad e1632133553931
Pelaku pnyerangan terhadap Ustad Abu Syahid Chaniago di Masjid Baitussakur, Kota Batam saat diamankan di kantor polisi. Foto: Istimewa

batampos – Hamdan alias Darmansyah, penyerang ustaz Febi Arifin atau Abu Syahid di Masjid Bersyukur, Jodoh dituntut 1 tahun penjara. Atas tuntutan itu, Hamdan pun tak meminta keringanan hukuman.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Karyo So Immanuel mengatakan perbuataan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah. Hal itu setelah melihat fakta-fakta persidangan dan pengakuan dari terdakwa. Dimana terdakwa Hamdan mengakui sengaja menyetang ustaz tersebut karena benci dengan ceramah agama korban.

“Perbuataan terdakwa tak ada alasan pembenar dan pemaaf, sehingga sudah seharusnya dihukum sesuai dengan perbuataanya,” ujar pria yang akrab disaap Noel ini.

Dikatakan Noel, perbuataan terdakwa sebagaimana bersalah melanggar pasal 351 ayat 1 kuhpidana. Namun sebelum menjatuhkan tuntutan, jaksa telah mempertimbangkan hal memberatkan dan meringankan.

Hal memberatkan perbuataan terdakwa meresahkan masyarakat dan melukai korban. Sedangkan hal meringankan, terdakwa berterus terang dan tidak berbelit-belit.

“Memperhatikan unsur pasal telah terpenuhi, menjatuhkan pidana 1 tahun terhadap terdakwa Hamdan dikurangi selama terdakwa ditahan,” tegas Noel.

Atas tuntutan itu, Hamdan pun meminta keringanan hukuman, sedangkan jaksa tetap pada tuntutan. Usai mendengar pembelaan terdakwa, majelis hakim menunda sidang hingga minggu depan dengan agenda putusan.

Diketahui, Hamdan melakukan penyerangan secara tiba-tiba kepada ustaz Abu yang tengah berceramah. Atas penyerangan itu, korban mengalami luka di wajah dan kaki akibat dipukul dan ditendang terdakwa.

Alasan terdakwa menganiaya, karena benci mendengar korban berceramah. Meski berdalih tak kenal, ia mengaki tak menyesal meski menganiaya korban. (*)

Reporter : Yashinta