Pro Kepri

Jaksa Akhirnya Jebloskan Nguan Seng ke Penjara 

Nguan Seng alias Hengky (tengah). f. ist

batampos– Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang mengeksekusi Nguan Seng alias Hengky, terdakwa kasus penipuan jual beli tanah, Senin (25/1). Saat ini terdakwa telah dijebloskan ke Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang.

BACA JUGA: Nguan Seng Divonis 2,5 Tahun Penjara

Eksekusi tersebut dilakukan setelah Kejari Tanjungpinang menerima salinan putusan Kasasi dari Mahkamah Agung (MA). “Ya (sudah ditahan di Rutan),” kata Kasi Pidum Kejari Tanjungpinang Sudiharjo.

Sebelumnya Kejari Tanjungpinang telah menyurati terdakwa untuk hadir memenuhi panggilan pada Jumat (22/1) lalu. Namun saat itu terdakwa tidak hadir dengan alasan sakit. “Ada surat yang kami terima yang menyatakan terdakwa sakit,” jelas Sudiharjo.

Dalam kasus tersebut, Nguan Seng alias Hengky yang terlibat kasus penipuan jual beli tanah dinyatakan bersalah oleh Majelis Hakim MA. Putusan tingkat Kasasi itu membatalkan putusan Pengadilan Negeri Tanjungpinang yang menyatakan terdakwa tidak bersalah dan dinyatakan bebas. Dalam amar putusan, Majelis Hakim MA mengabulkan permohonan Kasasi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah dan divonis pidana 2 tahun 6 bulan penjara. Serta membatalkan putusan Pengadilan Negeri Tanjungpinang yang menyatakan terdakwa bebas pada 16 Agustus 2021 lalu.

Sebelumnya diketahui, penyidik Satreskrim Polres Tanjungpinang menetapkan Nguan Seng sebagai tersangka kasus penipuan dan penggelapan jual beli tanah pada Juli 2021. Akibat dugaan penipuan tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp 6,7 miliar. Tersangka dijerat Pasal 378 dan 372 KUHP. Nguan Seng yang saat berusia 83 tahun, sempat ditahan karena dianggap tidak kooperatif saat proses penyidikan berlangsung. (*)

Reporter : YUSNADI NAZAR