Metropolis

Remaja 15 Tahun, 3 Kali Curi Motor

WhatsApp Image 2022 01 24 at 15.59.24
AJP, remaja 15 tahun diamankan di Mapolsek Seibeduk, Senin (24/1) siang. (F.Yofi Yuhendri/Batam Pos)

batampos – Jajaran Polsek Seibeduk menangkap spesialis pencurian motor yang merupakan anak di bawah umur, AJP. Remaja 15 tahun ini diamankan usai mencuri sepeda motor di Kavling Pancur Swadaya, Seibeduk.

Kapolsek Seibeduk, AKP Felix Mauk mengatakan penangkapan tersangka dilakukan berdasarkan laporan korban pada Jumat (21/1) pagi. Saat itu, korban kehilangan motor Honda Beat BP 2739 IF.

“Setelah menerima laporan korban yang kehilangan motor di teras rumahnya. Kemudian kita lakukan penyelidikan dan mendapatkan identitas pelaku,” ujar Felix di Mapolsek Seibeduk, Senin (24/1) siang.

Ia menjelaskan AJP ditangkap di kediamannya di kawasan Mangsang, Seibeduk. Dari tangannya, polisi mengamankan 3 unit sepeda motor, yakni Honda Beat, Yamaha Jupiter, dan Yamaha Vega R.

“Motor ini disembunyikan tersangka di semak-semak di kawasan Mangsang. Kita masih lakukan pengembangan terhadap tersanhka,” katanya.

Dari pengakuan AJP, motor tersebut dicuri untuk digunakan. Bahkan, ia beberapa kali tertangkap melakukan pencurian, seperti tabung gas, dan hewan ternak milik warga.

“Sudah sering diamankan, bahkan ditangkap warga. Tapi diversi ditingkat lapas. Bahkan orangtuanya sudah menyerah untuk mengajarnya,” ungkapnya.

Dari pengakuan AJP, ia melakukan pencurian secara spontan. Motor curian tersebut rencananya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. “Saya curi sendiri, motornya saya dorong. Untuk dipakai saja,” kata remaja putus sekolah ini.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 ke 3e tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara. (*)

Reporter: YOFI YUHENDRI