Metropolis

H+9 Lebaran, 1.354 Penumpang Pelni Turun di Batam

WhatsApp Image 2022 05 10 at 12.46.29 e1652168280138
Kedatangan KM Kelud dikawal dan diamankan langsung oleh Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam, Selasa (10/5). F.Rengga Yuliandra

batampos – Arus balik Lebaran 2022 melalui jalur laut masih berlangsung. Kapal Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), KM Kelud dari Tanjung Priok Jakarta tujuan Batam tiba di Pelabuhan Batu Ampar Batam, Selasa (10/5) sekira pukul 06.00 WIB.

Sebanyak 1.354 penumpang Pelni turun di Batam. Sementara itu sebanyak 1.800 penumpang lainnya naik dengan tujuan Tanjung Balai Karimun dan Belawan (Medan) serta 414 penumpang lain transit.

Kepala PT Pelni Cabang Batam Kapten Agus mengaku saat ini merupakan lanjutan proses arus balik lebaran. Setelah tiba di Pelabuhan Batu Ampar, kapal KM Kelud melanjutkan perjalanan ke Tanjung Balai Karimun dan Belawan dengan membawa 1.800 penumpang dan 414 transit.

“Untuk jadwal selanjutnya KM Kelud tiba di Batam pada Kamis (12/5) pukul 15.00 WIB dari Tanjung Priok,” ujar Kapten Agus, Selasa (10/5).

Kedatangan KM Kelud ini dikawal dan diamankan langsung oleh Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam. Pengamanan dilakukan bersama instansi terkait diantaranya TNI AL, Karantina Kesehatan, KSOP Khusus Batam, Bea Cukai, Ditpam OB, BUP Batam, dan Karantina Pertanian tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang menggunakan Tranportasi Laut.

Kapolsek KKP AKP Yusriadi Yusuf menjelaskan, pengamanan ini untuk memantau situasi kamtibmas dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang arus Balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H  yang akan berangkat maupun yang tiba di Batam. Hal ini sekaligus mencegah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi saat kapal KM Kelud bersandar.

“Pengamanan bersama dengan instansi terkait merupakan kegiatan rutin pada saat kapal Pelni bersandar di Pelabuhan Batuampar Batam. Hal ini dilakukan agar para penumpang merasakan kehadiran Polri sehingga masyarakat bisa merasa tenang, aman dan nyaman,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Rengga Yuliandra